Tech

Amazon Prime Air Siap Luncurkan Layanan Pengiriman dengan Drone

Soffya Ranti

Posted on June 14th 2022

Amazon siap meluncurkan layanan Amazon Prime Air pada akhir tahun ini. Layanan menggunakan drone itu dikembangkan menggunakan algoritma untuk mengoptimalkan kinerja layanannya.

Sebelumnya, Amazon telah mengembangkan program pengiriman dengan drone sejak 2013 lalu. Setelah menerima persetujuan akhir tahun ini dari Federal Aviation Authority (FAA), Amazon Prime Air siap meluncur. 

Adapun penduduk yang tinggal di Lockeford, California, akan menjadi wilayah pertama yang merasakan layanan Amazon Prime tersebut. Perusahaan mengungkapkan pemilihan Lockeford, California sebagai yang pertama merasakan layanan karena wilayah tersebut masih berhubungan dengan industri penerbangan.

Meski dirasa sebuah drone hanya dapat mengangkut dengan batasan berat tertentu, Amazon masih belum menginformasikan rincian syarat pengiriman produk yang akan dilakukannya dengan drone.

Dilansir dari Lifewire, inovasi ini pertama kali diumumkan oleh CEO perusahaan retail Jeff Bezos sejak 2013 lalu. Namun sebelumnya program ini telah mengalami berbagai masalah yang telah dilaporkan di lokasi pengujiannya pada tahun lalu.

Selain itu, para analis telah menyatakan keraguannya tentang penggunaan drone sebagai media pengiriman dari udara. Hal tersebut karena sebuah drone harus membutuhkan daya baterai yang tinggi untuk bisa mengirimkan berbagai produk di jarak belasan kilometer.

Meski siap meluncur setelah menerima persetujuan dari Federal Aviation Authority (FAA), Amazon Prime Air sendiri masih belum mengumumkan kapan program ini akan berkembang di luar Lockeford, California, maupun ke seluruh negeri. (*) 

Foto: Pexels

Artikel Terkait
Tech
Amazon Akan Bayar Pelanggan Rp 140 Ribu untuk Pindai Telapak Tangan, Buat Apa?

Tech
Elon Musk Ingin Ubah Markas Besar Twitter Jadi Penampungan Tunawisma

Tech
Amazon Garap App Pesaing Clubhouse, Pengguna Bisa Jadi DJ!