Sport

Warriors Butuh Satu Kemenangan untuk Angkat Trofi Juara 

Tora Nodisa

Posted on June 14th 2022

Foto: ESPN

Golden State Warriors menang 104-94 atas Boston Celtics di San Francisco, Selasa, 14 Juni 2022. Dengan begitu, Warriors unggul 3-2 di seri Final NBA 2022. Artinya, Warriors dan trofi juara musim ini hanya berjarak satu kemenangan. Game 6 akan berlangsung pada hari Jumat, dan kalau Celtics yang menang, maka Game 7 digelar hari Senin, pekan depan.

Awal pertandingan Game 5 terlihat mudah bagi Warriors. Mereka unggul 16 poin di babak pertama, dan menutup dengan memimpin 12 poin saat turun minum. Celtics bangkit di kuarter ketiga. Mereka membalikkan keadaan dan memimpin 5 poin. Tapi di kuarter keempat, Warriors bisa mengatasi keadaan dan memenangkan pertandingan ini. 

Mungkin penggemar Warriors di Chase Center berharap Stephen Curry bisa tampil seperti di Game 4. Kenyataannya memang tidak bisa mengulang penampilan terseut. Curry hanya melakukan 9 percobaan three point, yang menjadi catatan terendah sejak 2016. Namun dia berkontribusi di pertahanan. Curry membantu untuk memutus aliran bola Celtics ke Jayson Tatum. 

"Rasanya enak," kata Klay Thompson usai timnya menang. "Tapi kami belum melakukan apa pun. Artinya kami belum selesai."

Setelah kekalahan di Game 5 ini, pelatih Celtics Ime Udoka punya catatan tersendiri dengan timnya. Pada Game 1, Celtics mengubah defisit 15 poin di kuarter ketiga dengan mencetak 48 poin. Dengan begitu, Celtics unggul 15 poin di kuarter keempat. Lalu di Game 2, Warriors unggul 35-14 di kuarter ketiga untuk mengubur Celtics. 

Pada Game 3, Celtics unggul 34-17 di kuarter ketiga untuk meraih kemenangan. Sementara itu, di Game 4, Celtics tidak bisa membendung Curry di kuarter ketiga, sehingga dia bisa mencetak 43 poin di akhir laga. Catatan ini hampir sama yang terjadi di Game 5, di mana Celtics yang sempat unggul, kehilangan momentum. 

"Pesan untuk para pemain adalah untuk pulang, istirahat, mari bersiap-siap untuk bermain di kandang sendiri," kata pelatih Celtics Ime Udoka. "Bagi kami, ini benar-benar tentang konsistensi. Itulah hal yang tidak kami miliki sepanjang pertandingan penuh, yaitu konsisten, dan lebih ofensif dari lawan."

Ini jadi hasil yang mengecewakan bagi Celtics. Sebaliknya, para penggemar Warriors tampak gembira dengan performa tim kesayangannya musim ini. Mereka sudah melihat tim ini hancur. Setelah melihat Kevin Durant cedera dan kemudian pergi ke Brooklyn Nets, mereka harus menerima kenyataan bahwa Klay Thompson absen dua musim beruntun karena cedera. Warriors juga jatuh ke dasar klasemen sementara di musim 2020-21. 

"Inilah kami," kata pelatih Warriors Steve Kerr. "Kami punya peluang. Kami memiliki dua celah untuk mendapatkan satu kemenangan. Tapi kami juga tahu betapa sulitnya itu. Tidak ada yang merayakan kemenangan Game 5, karena kami belum selesai. Senang bisa sampai di titik ini."

Memang butuh satu kemenangan bagi Warriors untuk mendapatkan trofi Larry O'Brien. Namun pertandingan di kandang lawan tidak akan semudah yang dibayangkan. Bisa jadi, seri final ini akan ditentukan di Game 7. (*)

Artikel Terkait
Sport
5 Faktor Kemenangan Celtics dari Warriors di Game 1 Final NBA 2022

Sport
Mitos Game 3 Final NBA yang Bikin Pendukung Warriors Deg-degan

Sport
Istri Draymond Green Marah Saat Suaminya Di-Bully