Sport

6 Manfaat Olahraga Tinju yang Kini Jadi Tren di Kalangan Para Artis

Soffya Ranti

Posted on June 14th 2022

Kompetisi pertarungan adu tinju para artis kini cukup ramai diperbincangkan. Salah satu kompetisi duel tinju yang kini tengah ramai diikuti para artis adalah event Holywings Sports Show. Baru-baru ini Ahmad Jalaluddin Rumi yang akrab disapa El Rumi, baru saja memenangkan duel tinju melawan Winson Reynaldi.

Di balik keramaian olahraga tinju yang saat ini tengah trending, ternyata terdapat berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Tinju sendiri merupakan olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang dengan berat yang sama bertanding satu sama lain. Olahraga ini memiliki rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang biasa disebut dengan ronde. 

Selain seru dan menyenangkan bagi sebagian pegiat olahraga satu ini,  berikut ini manfaat tinju yang baik untuk kesehatan. Simak ulasannya berikut ini.

Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga satu ini merupakan bentuk latihan interval intensitas tinggi yang dapat mendorong tubuhmu untuk berulang kali mempertahankan aktivitas yang intens. Latihan interval yang tinggi tersebut ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, tinju juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Menurunkan berat badan

Berlatih tinju dengan intensitas tinggi ternyata dapat mengurangi lemak tubuh. Olahraga satu ini dapat meningkatkan komposisi tubuh secara keseluruhan lebih dari aktivitas lain seperti jalan cepat.

Misalnya saja seorang dengan berat 68 kg dengan melakukan olahraga tinju selama 60 menit, akan membakar kalori sebanyak 390 hingga 558 kalori. Jumlah pembakaran kalori tersebut juga tergantung pada intensitas aktivitas tinju yang dilakukan.

Meningkatkan keseimbangan tubuh

Tinju merupakan aktivitas padat gerakan. Ini karena tinju melibatkan koordinasi antara kaki, tangan, dan, anggota gerak tubuh lain. Hal inilah yang akan menuntutmu mengembangkan koordinasi tubuh sehingga membantu meningkatkan atribusi keseimbangan tubuh.

Bahkan tinju telah menjadi metode untuk mengobati penyakit Parkinson, yaitu penyakit saraf yang melemahkan dan mempengaruhi koordinasi tubuh.

Mengurangi stress

Siapa sangak olahraga tinju ternyata dapat mengurangi tingkat kecemasan dan stres.  Memukul dan tinju merupakan cara yang sehat untuk melepaskan hormone endorfin yang dapat melepaskan stress dan meningkatkan suasana hati.

Menurunkan tekanan darah

Olahraga tinju terbukti dapat menurunkan tekanan darah siastolik dan diasktolik, sehingga membantu mengurangi stress pada pembuluh darah.  Tekanan darah yang meningkat juga menyebabkan penyakit serius seperti jantung dan stroke. Dengan bertinju secara rutin, ini akan membantu mencegah risiko kedua penyakit tersebut.

Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat tinju lainnya dapat meningkatkan kekuatan otot. Otot yang kuat tentu akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Maka dari itu berlatih tinju dengan intensitas cukup dapat memperkuat otot dan tulang. (*) 

Foto: Pexels

Artikel Terkait
Sport
Berbagai Bentuk Protes Dunia Olahraga atas Invasi Rusia ke Ukraina

Sport
Mengenal Floyd Mayweather, Asal Usul dan Kehidupannya Sekarang

Sport
Kolaborasi WIR Group dan 99VR, Hadirkan Olahraga Lari di Metaverse