Sport

Rekor Stephen Curry Setelah Kemenangan Warriors di Game 4 Final NBA 2022

Tora Nodisa

Posted on June 11th 2022

Foto: Sporting News

Sebuah penampilan masterclass dari Stephen Curry membuat Golden State Warriors menanag 107-97 atas Boston Celtics di Game 4 Final NBA 2022, Sabtu, 11 Juni 2022. Warriors lolos dari serbuan Celtics, dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di seri final ini. Namun yang luar biasa adalah penampilan Stephen Curry. Dia tampil maksimal, meski di usia 34 tahun. 

Curry sudah mencetak 19 poin, 5 rebound, dan 2 assist pada first half. Dia memasukkan 7 tembakan dari 15 percobaan. Bintang Warriors tersebut menutup penampilannya dengan catatan 43 poin, 10 rebound, 4 assist, dengan 7 kali memasukkan tembakan three point. Rekor pertama yang dipecahkan Curry adalah pemain dengan posisi point guard yang bisa mencetak 40 poin dan 10 rebound di Final NBA. Rekor ini menyamai catatan Jerry West dan Magic Johnson. 

Rekor kedua yang dipecahkan adalah Curry menjadi pemain yang mencetak three point terbanyak di Final NBA 2022. Dia memasukkan 25 kali three poin. Di urutan kedua ada Jayson Tatum dengan 14 kali three point. Jelas rekor ini tetap akan dipegang oleh Curry. Catatan statistiknya selama Final NBA tahun ini juga mengagumkan. Setidaknya sampai Game 4 Curry sudah mencetak 34,3 ppg, 6,3 rog, dan 3,8 apg. Field goals-nya menembus 50 persen, dengan three point precentage sebesar 49,0 persen. 

Curry juga memecahkan rekornya sendiri. Pada Playoff NBA 2013, dia mencetak 40 poin. Itulah catatan pertama dalam karir Playoff-nya. Curry berhasil melakukannya lagi pada tahun 2022. Ini artinya dia masih bisa mencetak 40+ poin di Playoff NBA meski terpaut sembilan tahun dari rekor pertamanya. Tidak ada yang meragukan pemain berusia 34 tahun tersebut, baik secara mental dan fisik. 

"Banyak kebanggaan dalam tim kami, banyak pembicaraan selama 48 jam terakhir tentang bagaimana kami bisa membalikkan keadaan," kata Curry. 

"Ini gila karena saya masih merasa kami bisa bermain sedikit lebih baik. Tetapi untuk menang di tandang dan mendapatkan kembali keuntungan di kandang, itu besar artinya bagi kami. Saya hanya berterima kasih untuk semua orang di tim kami karena kami bisa tangguh dalam bertahan. Kami tahu seberapa besar pertandingan ini. Lima setengah jam penerbangan pulang menjadi sedikit lebih baik setelah malam ini."

Klay Thompson menambah 18 poin untuk Warriors, sementara Andrew Wiggins menghasilkan 17 poin dan 16 rebound sebagai kontribusi penting. Jordan Poole menambahkan 14 poin dari bangku cadangan. Wiggins menjadi pemain pertama setelah Giannis Antetokounmpo yang mampu mencetak lebih dari 15 poin dan 15 rebound di Final NBA. 

Sementara itu, pelatih Warriors Steve Kerr mengambil keputusan berani untuk menyingkirkan Draymond Green dari keributan selama kuarter keempat sebelum mengembalikannya ke lapangan di akhir laga. Green kembali berjuang dalam permainan fisik. Dia hanya mencetak 2 poin saja, tapi Green mampu menyumbang 9 rebound, 8 assist, dan 4 steal. 

"Hanya menakjubkan," ujar Kerr menggambarkan kinerja Curry. "Permainan fisik yang berat. Karena Boston jelas memiliki pertahanan terbaik di liga."

Faktanya, Golden State Warriors telah memenangkan 100 pertandingan Playoff NBA sejak mereka mengambil Stephen Curry dari NBA Draft 2010. Sementara itu, trio Steph, Klay, dan Green sudah memenangkan 19 game Final NBA. Catatan mereka menyamai prestasi trio Tim Duncan, Manu Ginobilli, dan Tony Parker yang juga pernah memenangkan 19 game Final NBA. (*)

Artikel Terkait
Sport
5 Faktor Kemenangan Celtics dari Warriors di Game 1 Final NBA 2022

Sport
Mitos Game 3 Final NBA yang Bikin Pendukung Warriors Deg-degan

Sport
Istri Draymond Green Marah Saat Suaminya Di-Bully