Tech

Kecanduan Scrolling TikTok? Coba Pakai Fitur Ini

Jingga Irawan

Posted on June 10th 2022

Melakukan sesuatu yang berlebihan selalu nggak berakhir bagus. Yang bisa menghentikannya tentu kalian sendiri. Bermain HP dan media sosial terus menerus, misalnya.

Nah, untuk membantu kalian mengatur waktu dengan baik, TikTok menambahkan serangkaian fitur baru yang dirancang untuk mengingatkan pengguna yang suka nggak sadar waktu karena sudah keasyikan scrolling video TikTok.

Fitur baru itu nantinya akan menampilkan pengingat setelah pengguna berlebihan menggunakan aplikasi dari jangka waktu tertentu yang sudah kalian atur sendiri. Fitur ini akan menambah perlindungan baru ke batas harian yang ada.

Pengguna remaja (antara usia 13 dan 17) akan diminta untuk menggunakan alat pembatas waktu layar, jika mereka menghabiskan lebih dari 100 menit di aplikasi dalam satu hari.

TikTok juga menambahkan informasi waktu layar baru yang menunjukkan ringkasan penggunaan aplikasi. Statistiknya mencakup jumlah waktu aplikasi dibuka, perincian penggunaan siang hari dan malam hari, dan penghitung keseluruhan untuk jumlah waktu yang dihabiskan di aplikasi setiap hari.

Fitur semacam ini nggak hanya ada di TikTok. Aplikasi lain seperti Instagram dan Netflix juga dirancang untuk membantu pengguna mengatur waktu bermain media sosial maupun streaming film.

Apple dan Google juga memiliki fitur batas waktu penggunaan aplikasi di iOS dan Android. Fungsi baru ini juga berguna untuk layanan yang model bisnis berbasis iklannya berdasarkan perhatian pengguna.(*)

Artikel Terkait
Interest
Peningkatan Waktu di Depan Layar Pada Remaja Terkait Dengan Gangguan Perilaku

Tech
Sukses dengan Video Pendek, TikTok Bakal Perluas Bisnis ke Layanan Musik

Tech
Asyik, TikTok Kini Bisa Diakses Lewat TV Pintar