Korea

3 Alasan Mengapa BTS Sebut Proof sebagai Album yang Spesial

Delya Oktovie Apsari

Posted on June 10th 2022

Album terbaru 'the biggest boyband in the world' bakal dirilis dalam hitungan jam. Meski menjadi leader dari grup yang paling sukses saat ini, RM pun mengaku tetap masih gugup dan berharap orang-orang bakal menyukai lagu-lagu di album Proof

BTS lalu angkat bicara tentang alasan kenapa sih, dunia harus mendengarkan album Proof?

 

1. Momentum menjelang ulang tahun ke-9 BTS

"Aku selalu gugup ketika kami merilis lagu baru untuk pertama kalinya. Aku harap banyak orang yang menyukainya," tutur RM seperti dikutip Soompi.

Ia lalu menjelaskan bahwa Proof adalah album spesial yang menceritakan Chapter 1 kisah BTS, mendekati ulang tahun ke-9 BTS sejak debut.

"Karena fokus album ini adalah pesan kami kepada penggemar kami yang sudah bersama dengan kami selama sembilan tahun ini, kami memberikan perhatian paling banyak kepada lirik kami," jelas RM.

 

2. Deretan lagu baru yang penuh makna

Bukan BTS namanya kalau merilis karya yang tidak sarat makna. Jin juga mengatakan kalau Proof adalah album yang meringkas sejarah BTS.

"[Proof] terus membawa kenangan-kenangan berbeda dari sembilan tahun ini. Aku sendiri akan sering mendengarkannya." 

Ia melanjutkan: "Karena ada lagu-lagu baru dan lagu-lagu yang belum dirilis di album tersebut, penggemar bakal bisa menikmati mendengarkannya dengan baik."

Suga pun memberi kisi-kisi pada ARMY untuk memerhatikan susunan lagu dalam album supaya bisa memahami nuansa historis yang berusaha BTS berikan.

"Karena ini adalah album tentang sejarah BTS, kami memberikan perhatian ekstra terhadap bagaimana lagu-lagu tersebut disusun di dalam album. Jika kalian mendengarkannya dari lagu pertama, akan ada kesenangan tersendiri dalam mendengarkannya [sesuai urutan]."

 

3. Tunjukkan sisi emosional BTS
"Karena ini adalah album baru pertama kami setelah waktu yang cukup lama, aku merasa senang dan aneh di saat yang sama," ucap Jimin.

Proof terasa begitu spesial bagi anggota yang dikenal karena kemampuan dance-nya tersebut. Menurutnya, itu karena Proof memiliki lagu-lagu lama BTS dan lagu-lagu yang belum dirilis. Selain itu, Proof juga diproduksi dengan curahan hati para member.

"Aku merasa bahwa itu semua terasa lebih spesial karena [ketika mengerjakan Proof], memperbolehkan aku untuk membaca emosi para member dan juga emosiku, dan karena kami bisa membicarakannya bersama-sama."

Sementara itu, Jungkook merasa ketika menggarap Proof, seakan-akan BTS telah "menulis buku yang sangat tebal dan sekarang tengah menyelesaikannya."

"Seperti yang selalu kami lakukan dengan album-album kami sampai sekarang, kami memerhatikan semua aspek. Ini adalah album yang melakukan pekerjaan baik dalam menggambarkan kisah BTS hingga kini, sekaligus perasaan kami saat ini."

Album Proof dan video klip untuk lagu andalannya, Yet to Come (The Most Beautiful Moment), bakal dirilis 10 Juni pukul 13:00 waktu setempat. (*)

Artikel Terkait
Korea
Dari Spring Day hingga Smeraldo: ARMY Nostalgia lewat Trailer BTS-Yet to Come

Korea
Siap-siap, ARMY! BTS Luncurkan Merch Bikinan Member Sepanjang Januari

Korea
BTS Bakal Kolaborasi Bareng Charlie Puth?