Entertainment

Gegara ‘Top Gun: Maverick’, Studio Paramount Pictures Dituntut

Jingga Irawan

Posted on June 8th 2022

Studio di balik Top Gun: Maverick, Paramount Pictures, dituntut karena pelanggaran hak cipta oleh sebuah keluarga dari penulis yang artikelnya menjadi dasar film Top Gun.

Sekuel blockbuster tahun 1986 itu telah dirilis Mei lalu dan terbukti sukses besar di box office. Film pertamanya terinspirasi dari artikel tahun 1983 berjudul Top Guns, yang ditulis Ehud Yonay untuk California Magazine.

Sayangnya, keluarga mendiang Ehud Yonay mengklaim dalam gugatan bahwa Paramount gagal membeli kembali hak cipta atas karya aslinya setelah dihentikan.

Pada 6 Juni 2022, keluarga itu mengajukan gugatan di pengadilan federal Los Angeles. Mereka mengklaim telah mengatakan kepada studio pada tahun 2018 bahwa haknya atas artikel tersebut akan dihentikan pada tahun 2020 di bawah Undang-Undang Hak Cipta AS, dan studio jelas kehilangan hak cipta pada Januari tahun itu.

Shosh, istri mendiang Ehud, dan anaknya, Yuval Yonay  juga mengklaim bahwa produksi waralaba tak akan bisa tercipta tanpa karya sastra dari Ehud. Keluarga itu menuntut ganti rugi, termasuk keuntungan dari Top Gun: Maverick.

Pengacara yang mewakili keluarga Yonay, Marc Toberoff, mengatakan kepada BBC, "Sama seperti Paramount ingin berpura-pura sebaliknya, mereka membuat sekuel Top Gun setelah mereka kehilangan hak cipta mereka."

Sementara itu, Paramount Pictures mengatakan bahwa mereka akan membela diri, menanggapi dalam sebuah pernyataan, "Klaim ini tak berdasar, dan kami akan membela diri dengan penuh semangat."

Sejak dirilis dalam beberapa minggu terakhir, Maverick mencatatkan angka penghasilan USD 500 juta dalam penjualan global. Film ini juga telah meraup USD 291,6 juta di Amerika Utara. Artinya, film tersebut sekarang menjadi film terlaris yang pernah dibintangi Tom Cruise di wilayah itu.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Tiongkok Mengira Pesawat Properti ‘Top Gun: Maverick’ adalah Senjata Sungguhan

Entertainment
5 Hal yang Perlu Diingat dari Film Pertama Sebelum Nonton ‘Top Gun: Maverick’

Entertainment
Sewa Jet F-18 Sungguhan, ‘Top Gun: Maverick’ Harus Keluarkan Rp 160 Juta Per Jam