Entertainment

Terkonfirmasi, ‘Joker 2’ Sedang Dibikin dan Joaquin Phoenix Memerankannya Lagi

Jingga Irawan

Posted on June 8th 2022

Di tengah rumor tentang sekuel Joker, Todd Philips akhirnya membagikan foto dari naskah Joker 2 yang telah selesai di Instagram-nya. Secara tak langsung, Philips mengonfirmasi Joker 2 sedang dalam pengerjaan. Sutradara itu membagikan gambar sampul naskah untuk film baru serta bintang Joaquin Phoenix membaca draft skenario.

Pengungkapan naskah Joker 2 hadir dengan sejumlah perkembangan menarik pada sekuelnya, termasuk kembalinya Phoenix sebagai karakter pemimpin. Selain itu, naskahnya memberi petunjuk dengan teks "Folie a Deux,” yang secara kasar diterjemahkan sebagai "kegilaan ke dua" dan merupakan gangguan mental yang bisa mempengaruhi dua atau lebih individu. Ini mengisyaratkan kemungkinan beberapa Joker terlihat dalam film.

Konfirmasi Phillips tentang Joker 2 muncul hanya beberapa hari setelah sebuah laporan mengindikasikan kreator film tersebut hampir menyelesaikan sekuelnya, setelah Michael De Luca mengambil alih sebagai kepala Warner Bros. bersama sesama mantan eksekutif MGM, Pamela Abdy.

Untuk film pertama, Joaquin Phoenix berperan sebagai Arthur Fleck, seorang komedian dan badut yang tak beruntung dan tersesat dalam kegilaan di Kota Gotham 1981. Fleck akhirnya melampiaskan rasa frustrasinya pada orang-orang yang dianggapnya menyebabkan kerusakan masyarakat. Dia lantas menjadi penjahat DC Comics yang terkenal, Joker.

Selain Phoenix, pemeran Joker termasuk Robert De Niro, Zazie Beetz, Frances Conroy, Brett Cullen, Glenn Fleshler, Bill Camp, Shea Whigham dan Marc Maron. Ditulis bersama dan disutradarai oleh Phillips, film ini menerima ulasan yang beragam dari para kritikus tetapi diterima dengan baik oleh sebagian besar penonton.

Joker berhasil mencetak lebih dari USD 1 miliar di box office dan memimpin Academy Awards ke-92 dengan 11 nominasi, termasuk Best Picture, Best Director hingga Best Adapted Screenplay. Sayangnya, Joker masih kalah dengan Parasite karya Bong Joon-ho, meskipun membawa pulang kategori Best Actor untuk Phoenix dan Best Original Score untuk Hildur Guðnadóttir.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
‘The Batman’ Bakal Jadi Film Batman dengan Durasi Terpanjang

Entertainment
Raih 'Best Actor' di Golden Globes, Joaquin Phoenix Singgung Kebakaran Australia

Entertainment
4 Fakta Film Joker Terbaru yang Diperankan Oleh Joaquin Phoenix!