Tech

Uni Eropa Seragamkan Charger Jadi USB-C, Bagaimana dengan Apple?

Jingga Irawan

Posted on June 8th 2022

Apple mungkin terpaksa membuat iPhone dengan pengisi daya USB-C pada 2024. Hal itu terjadi karena Parlemen Eropa telah mencapai kesepakatan bahwa USB-C akan menjadi port pengisian daya (charger) umum di seluruh negara Uni Eropa pada tahun tersebut.

Tak hanya Apple, perjanjian ini akan memaksa produsen barang elektronik yang ingin beroperasi di negara-negara Uni Eropa untuk mengadopsi USB-C sebagai standar pengisian daya.

Kebijakan ini bertujuan mengurangi limbah elektronik. Sehingga, orang-orang tak perlu khawatir dengan standar pengisian daya yang berbeda dan koneksi yang sering mengharuskan perangkat memiliki pengisi daya serta kabel sendiri. Misalnya, ketika kalian memiliki dua perangkat Android dan Apple, kalian membutuhkan charger yang berbeda untuk masing-masing perangkat.

Dengan demikian, jika Apple ingin terus menjual iPhone dan iPad di Eropa, yang berpenduduk sekitar 447 juta orang, Apple harus sepenuhnya mengadopsi USB-C. Sebenarnya itu bukan masalah besar, karena sebagian produknya, selain iPhone saat ini, AirPods, dan iPad, dapat diisi dengan USB-C.

Tetapi, ini berarti iPhone harus kehilangan konektor Lightning yang telah menjadi unggulan ponsel Apple selama bertahun-tahun. Apple hampir pasti tak akan membuat iPhone versi berbeda khusus hanya untuk Eropa. Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu juga tak mungkin ingin meninggalkan pasar yang menguntungkan seperti Uni Eropa.

Mengingat sebagian besar produk Apple lainnya telah mengadopsi USB-C, masuk akal jika Apple melakukan hal yang sama untuk iPhone. iPhone 14 diperkirakan akan menggunakan USB-C, tetapi rumor itu sudah hilang belakangan ini. Kemungkinan itu rilis bersama iPhone 15, atau paling lambat iPhone 16.

iPhone 15 menjadi kandidat yang paling pas untuk melakukan pergeseran dari Lightning ke USB-C karena ponsel itu masih akan diluncurkan tahun depan.

Lebih penting dari semuanya, pekerja atau mahasiswa akan senang dengan kabar ini. Membuat iPhone dengan USB-C adalah ide bagus. Pengguna tak perlu lagi frustrasi karena harus membawa pengisi daya dan kabel yang berbeda, bahkan di dalam produk Apple sendiri, apalagi perangkat campuran iOS, Android, dan Windows.(*)

Artikel Terkait
Tech
Apple Uji Coba Pengisi Daya USB-C untuk iPhone

Tech
Pemerintah AS Usul Standar Charger untuk Gadget, Ikuti Uni Eropa Pakai USB-C?

Tech
Tak Sertakan Charger di iPhone 12, Pelajar Tiongkok Tuntut Apple