Tech

Dari iOS 16 Sampai MacBook Baru, Yuk Cek Daftar Pengumuman Apple di WWDC 2022

Jingga Irawan

Posted on June 7th 2022

Momen yang ditunggu pencinta Apple telah tiba. Worldwide Developer Conference (WWDC) dimulai sejak Senin, 6 Juni 2022. Di hari pertama panggung WWDC, eksekutif Apple memperkenalkan peningkatan untuk iOS 16 dan iPadOS 16, ditambah update untuk macOS, watchOS, dan lainnya.

Apple juga mengumumkan perangkat keras baru tahun ini: MacBook Air dan MacBook Pro baru yang ditenagai oleh prosesor M2 baru. Berikut adalah pengumuman terbesar yang akan keluar dari WWDC 2022:

iOS 16

Generasi berikutnya dari sistem operasi iPhone akan mencakup fungsi baru, fitur berbagi dan komunikasi, ditambah cara unik untuk menyesuaikan isi ponsel. Lock screen dirancang bagi pengguna agar bisa melihat sebagian besar elemen sebelum membuka kunci iPhone

Pengguna dapat mengetuk elemen apa pun di lock screen dan menyesuaikannya, mengubah warna dan font waktu, menambahkan widget dari galeri widget, serta mengubah latar belakang dengan filter. Jika pengguna lebih suka memiliki foto sebagai latar lock screen, pengguna sekarang dapat mengatur latar belakang dengan menggilir beberapa foto.

iOS 16 juga membawa beberapa pembaruan iMessage, yaitu pengeditan pesan, batalkan pengiriman, dan tandai sebagai belum dibaca. Pengguna akan dapat mengedit pesan terkirim sehingga, membatalkan pesan yang baru saja dikirim, dan menandai pesan belum dibaca.

Pengguna iPhone juga akan memiliki akses ke fitur baru yang dijuluki Apple Pay Later di iOS 16. Sama seperti Pay Later pada umumnya, fitur ini membagi pembelian menjadi empat pembayaran yang sama dan memberikan waktu mencicil beberapa minggu, tanpa bunga dan biaya tambahan lain yang diterapkan.

macOS Ventura

Versi macOS terbaru akan dijuluki Ventura. Perangkat lunak ini menghadirkan beberapa fitur organisasi dan kolaborasi baru ke Mac. Stage Manager menyajikan cara baru untuk mengatur jendela aplikasi di desktop, secara otomatis menempatkan aplikasi yang sedang dikerjakan di depan dan di tengah. Aplikasi aktif lainnya akan disorot di samping terpisah.

Mail akan mendapatkan pembaruan serupa dengan iMessage di iOS 16, seperti batalkan pengiriman, jadwalkan pengiriman, dan pengingat untuk kembali ke email di lain waktu. Di tempat lain di Safari, akan lebih mudah untuk berbagi banyak tab dengan teman dan keluarga, dan berkolaborasi dengan mereka secara real-time.

Misalnya, jika pengguna merencanakan liburan dengan banyak orang, pengguna dapat berbagi beberapa tab yang berisi, lokasi, informasi, dan lainnya dari perjalanan liburan dengan grup. Caranya dengan melihat tab mana yang sedang mereka lihat secara aktif dan banyak lagi.

Fitur Handoff dan Continuity baru juga hadir di FaceTime di macOS. Untuk yang pertama, pengguna  dapat melakukan panggilan FaceTime yang dimulai di iPhone ke Mac dengan mulus, memungkinkan pengguna untuk menggunakan layar yang lebih besar.

Fitur Continuity Camera yang baru berfungsi untuk menyambungkan iPhone sebagai webcam. Dengan menggunakan dudukan magnet yang sedang dikembangkan, pengguna dapat memasang iPhone ke layar Mac dan menggunakan susunan kameranya sebagai webcam untuk FaceTime, Zoom, Microsoft Team, dan panggilan video lainnya. Selain itu, proses ini sepenuhnya nirkabel.

iPadOS 16

Fitur baru yang akan hadir di iPadOS 16 seperti yang ada di iOS 16 dan macOS Venture. Tetapi iPad juga akan mendapatkan hal-hal seperti fasilitas kolaborasi baru, profil Game Center yang diperbarui, dan kemudahan berbagi file.

MacBook Air Chip M2 dan MacBook Pro Chip M2 13 inci

Tak seperti biasanya untuk WWDC, Apple meluncurkan perangkat keras baru: MacBook Air M2 baru. Seperti namanya, laptop ini berjalan pada chipset M2 perusahaan yang baru. Menurut Apple, chip ini memberikan kinerja CPU hingga 18 persen lebih cepat dan kinerja GPU 35 persen lebih cepat daripada chipset M1.

MacBook Air baru juga memiliki desain yang benar-benar baru. Bentuk baji dari model sebelumnya telah hilang, karena telah digantikan oleh desain yang lebih persegi namun tetap cukup ramping dengan tebal 11,3 mm.

MacBook Air M2 akan menampilkan layar Liquid Retina 13,6 inci yang 25 persen lebih terang dari layar model sebelumnya dan mendukung satu miliar warna. Itu juga menyertakan webcam 1080p, sistem suara empat speaker, keyboard TouchID dan desain interior tanpa kipas.

Sedangkan untuk daya tahan baterai, Apple memperkirakan pemutaran video hingga 18 jam di MacBook Air M2. Laptop baru akan tersedia bulan Juli dan dibanderol seharga USD 1.199 (Rp 17,3 juta).

Chipset M2 juga akan segera hadir di MacBook Pro 13-inci, memberikan peningkatan kinerja yang serupa dengan salah satu laptop paling populer perusahaan lainnya. MacBook Pro M2 akan memiliki CPU 8-core dan GPU 10-core, dukungan hingga 24GB RAM dan penyimpanan hingga 2TB, ditambah masa pakai baterai hingga 20 jam. MacBook Pro M2 13-inci yang diperbarui juga akan tersedia bulan depan dengan harga USD 1.299 (Rp 18,8 juta). (*0

Foto: Apple

Artikel Terkait
Tech
Apple Launching 3 Mac Maret 2023? Begini Rumornya!

Tech
Pengguna iOS 16 Bisa Edit dan Batalkan Pesan Terkirim di iMessage

Tech
iOS 16 Bakal Punya Fitur Always On untuk iPhone Terbaru