Sport

Fabio Qaurtararo Kukuh di Puncak Klasemen Setelah Menang di GP Barcelona

Tora Nodisa

Posted on June 5th 2022

Foto: MotoGP

Pembalap Prancis dari tim Yamaha Fabio Quartararo mengukuhkan diri sebagai pimpinan klasemen MotoGP 2022, menyusul kemenangan di GP Barcelona, Minggu, 5 Juni 2022. Quartararo punya 147 poin, sementara di tempat kedua ada Aleix Espargaro dengan catatan 125 poin. Espargaro kali ini melakukan kesalahan konyol, yang membuatnya tidak naik podium. 

Setelah balapan, Quartararo tak berhenti tersenyum dan tertawa. Dia tampak puas dengan hasil yang didapatkan di sirkuit Catalunya ini. Sebaliknya, pembalap Aprilia, Aleix Espargaro tidak bisa menyembunyikan penyesalannya. Dia tidak bisa mempertahankan pole position, bahkan sejak awal balapan. Ironisnya, Espargaro malah melakukan kesalahan di akhir balapan. 

Setelah start dari pole position, Espargaro dilewati oleh Quartararo di tikungan pertama. Sejak saat itu, Quartararo memimpin balapan hingga bendera finis berkibar. Saat balapan mendekati akhir, atau kurang satu lap lagi, Espargaro malah mengangkat tangannya di garis finis. Dia pikir balapan sudah usai, ternyata masih ada satu putaran lagi. Kesalahan tersebut membuat Espargaro kehilangan posisi kedua. Kemudian ada tiga pembalap yang menyalipnya, yaitu Jorge Martin, Johan Zarco, dan Joan Mir. 

"Saya sangat senang, ini adalah balapan yang luar biasa," kata Quartararo. "Saya memacu motor sejak awal dan mempertahankannya sampai akhir. Dengan kemenangan ini dan finis di urutan kedua, Minggu lalu, tentu hasil yang bagus bagi saya dan tim."

Sementara Jorge Martin tampaknya sangat senang dengan berhasil naik podium. Ini memberinya kepercayaan diri setelah melewati musim yang mengecewakan. Tapi Martin juga menyadari bahwa kemenangan tersebut bisa didapatkan karena tindakan yang tidak terduga dari Aleix Espargaro. 

"Ini adalah musim yang sulit jadi saya senang dengan podium ini," kata Martin. "Saya melihat Aleix melambat dan saya pikir dia mengalami masalah mekanis tetapi kemudian menyadari bahwa dia telah melakukan kesalahan. Itu adalah bonus yang tidak terduga."

Saat ini Quartararo tidak punya rival terdekat dalam hal klasemen pembalap. Francesco Bagnaia, yang memenangkan MotoGP Italia akhir pekan lalu, tergelincir ke urutan keempat dalam klasemen di belakang Zarco setelah keluar di tikungan pertama. Bagnaia jatuh ke tanah setelah pembalap Jepang Takaaki Nakagami jatuh. Kecelakaan ini beruntun, karena melibatkan Alex Rins. Untungnya ketiga pembalap dilaporkan baik-baik saja.

Rekan senegaranya Bagnaia, Enea Bastianini, juga harus keluar dari balapan setelah melewati 17 lap. Dia menghadapi masalah dengan motor Ducati tunggangannya. Saat ini, Bastianini ada di urutan ketiga klasemen MotoGP 2022 dengan torehan 94 poin. Selanjutnya balapan akan berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada 19 Juni 2022. (*)

Artikel Terkait
Sport
Francesco Bagnaia Di Ambang Gelar Pertamanya setelah Menang di Malaysia

Sport
Cetak Hat-Trick, Fabio Quartararo Perkasa di Puncak Klasemen

Sport
Jelang MotoGP 2022, Hubungan Yamaha dan Fabio Quartararo Malah Retak