Entertainment

3 Tips Biar Gak Membesar-Besarkan Stres, Agar Bisa Lebih Plong

Kezia Kevina Harmoko

Posted on June 4th 2022

Stres, satu kata yang sering muncul di benak kita. Sering hadir juga di keseharian kita. Nah, buat kamu yang lagi banyak beban dan pengin agar stres nggak bertambah buruk, simak tips berikut seperti yang dilansir Psychology Today.

Self-love
Ketika situasi yang kita hadapi seakan ingin kita buat gagal, ingat bahwa ada satu sosok yang selalu bis akita andalkan yaitu diri sendiri. Akan sulit kalau bergantung dengan orang lain, tapi kita selalu bisa memberikan yang terbaik buat kita.

Kalian bisa kasih self-reward sederhana yang terukur misalnya pesan makanan favorit setelah menyelesaikan tugas, checkout satu buku setelah melalui minggu yang panjang, dan lain-lain.

Ada pengalaman buruk masa lalu
Stres ternyata bisa terhubung dengan trauma masa lalu lho. Misalnya kamu dulu pernah gagal memenangkan kompetisi karena terlambat mengumpulkan berkas sehingga kamu sangat kecewa. Sekarang kamu dihadapkan pada proses pengumpulan berkas lagi, tapi kamu sangat stres, padahal bagi orang lain masalahnya simpel dan sepele.

Ketika kita menghadapi suatu masalah di masa sekarang, sebenarnya kita juga menghadapi trauma atau kejadian buruk yang muncul di masa lalu. Tindakanmu di masa sekarang mungkin terasa terlalu berlebihan, tetapi kamu terdorong oleh kejadian di masa lalu.

Mungkin reaksinya terhitung berlebihan untuk saat ini, tapi sebenarnya seusai dengan masa lalu. Nah, kamu perlu menemukan apakah ada trauma atau kejadian buruk yang menyebabkan reaksimu berlebihan.

Temukan pola yang kurang baik
Ada beberapa orang yang kalau membaca chat tanpa emoji bisa merasa bahwa chat tersebut bernada serius atau bahkan menyalahkan. Nah, ini bisa termasuk kesalahan kognitif. Penyebabnya bisa banyak, bisa dari kecenderungan kita yang merasa cemas, overthinking, dan lain-lain.

Nah, kamu harus menemukan pola tersebut. Kalau sudah tahu, kita bisa melakukan tindakan preventif misalnya dengan kembali membaca chat tanpa emoji itu beberapa jam kemudian untuk menemukan reaksi yang berbeda.

Nah, itu dia beberapa tips agar stres nggak makin membesar. Simak juga perbedaan antara stres dan kecemasan yang kadang dianggap mirip.(*)

Gambar: jcomp

Artikel Terkait
Lifestyle
4 Tips Simpel Menghadapi Burnout agar Hidup Lebih Ringan

Lifestyle
Stres dan Gangguan Kecemasan Itu Mirip Tapi Beda, Cek Nih Penjelasannya!

Entertainment
7 Cara Mudah Mengurangi Kecemasan dengan Imajinasi Kreatif