Sport

5 Faktor Kemenangan Celtics dari Warriors di Game 1 Final NBA 2022

Tora Nodisa

Posted on June 3rd 2022

Foto: ESPN

Boston Celtics membuat seisi Chase Center terdiam ketika mereka memenangkan Game 1 Final NBA 2022, melawan Golden State Warriors. Publik tuan rumah tak kuasa melihat tim kebanggaannya kalah 108-120, Jumat, 3 Juni 2022. Celtics tertinggal 12 poin di kuarter ketiga, tapi mereka melaju 17-0 di kuarter keempat untuk membungkus kemenangan perdana di Final NBA 2022. 

Celtics tidak hanya mencetak keunggulan 1-0 di Final NBA 2022. Mereka juga memberikan kekalahan perdana bagi Warriors di kandang selama Playoffs NBA 2022. Meski Curry tampil beringas, tapi Celtics menampilkan defense yang baik di kuarter keempat. Berikut 5 faktor yang membuat Celtics menang di Game 1 Final NBA 2022:

1. Al Horford Sukses Besar di Penampilan Final Perdananya 

Al Horford telah bermain di NBA sejak 2007 dan sudah tampil di Playoffs 13 kali dalam 15 musim. Tetapi dalam perjalanan karirnya, baru sekarang di tampil di Final. Dengan kata lain, dalam 141 penampilan Playoffs, dia baru sekali tampil di Final NBA. 

Tidak ada rasa canggung dalam debut finalnya. Bahkan Horford bisa mencetak enam three point, serta menyumbang 26 poin, 6 rebound dan 3 assist. Catatan tersebut menjadi yang tertinggi sepanjang karirnya, dan rekor terbanyak bagi seorang pemain yang pertama kali tampil di Final NBA. 

"Saya bersyukur sampai di titik ini. Senang bisa berbagi panggung dengan tim Celtics. Apa yang kami lakukan sekarang menjadi hal terbaik dalam karir saya," kata Horford. 

Horford tampil luar biasa di kuarter keempat saat Celtics melakukan comeback. Dia mencetak field goals 4/4 atau sempurna untuk mencetak 11 poin. Horford memasukkan tembakan tiga angka di pertengahan kuarter keempat yang membalikkan keadaan untuk Celtics. Horford memang bertugas menjaga pertahanan, namun ketika dia juga bisa berkontribusi poin, maka Celtics menjadi tim yang menakutkan seperti di Game 1 ini. 

2. Derrick White Step-Up

Ketika Celtics menukar Josh Richardson, pick putaran pertama 2021 dan pertukaran pick putaran pertama 2028 untuk mendapatkan Derrick White dari San Antonio Spurs, ada kekhawatiran tentang line-up. Tapi lambat laun White sangat cocok dengan Celtics, terutama saat dirinya menggantikan Marcus Smart.

Di Game 1 Final NBA 2022, White kembali menunjukkan permainan cemerlang. Dia dan Smart baru membahu membendung serangan Stephen Curry dan kawan-kawan. Soal poin, White menyelesaikan laga dengan catatan 21 poin dan 3 assist. Dia memasukkan lima kali tembakan three point. 

White punya kemampuan untuk melesat di sekitar screen dan menahan pemain-pemain sekelas Steph Curry, Klay Thompson dan Jordan Poole. White untuk kedua kalinya mencetak 20 poin atau lebih di babak playoff.

"White melakukan segalanya," kata pelatih Celtics Ime Udoka. "Dia bermain sebagai playmaker, penembak jitu, dan pemain bertahan. Jika Anda berbicara soal Celtics tidak bisa apa-apa tanpa Marcus Smart, maka saya akan menjawab, kami bisa bermain apa saja dengan Derrick White."

3. Celtics Comeback di Kuarter Keempat

Celtics memasuki kuarter keempat dalam masalah serius dengan tertinggal 12 poin. Sementara semua komentator sudah yakin bahwa Warriors pemenang laga ini. Karena, tim asuhan Steve Kerr tersebut sebelumnya sudah menang 9-0 di kandang sendiri selama Playoffs NBA 2022. 

Tatum yang dijaga ketat, membuat Celtics tidak punya pilihan. Mereka harus mencari sosok pencetak poin lainnya. Namun ternyata justru yang terjadi mengejutkan penggemar NBA. Justru Tatum sangat efektif ketika dia menjadi playmaker. Tatum memberikan assist untuk 20 poin Celtics di kuarter keempat. 

Celtics bisa mengungguli Warriors ketika mereka melaju 17-5 di pertengahan kuarter keempat. Mereka unggul 40-16 selama kuarter keempat. Bahkan Celtics mencetak margin 24 poin, yang jadi catatan terbesar di kuarter keempat dalam sejarah Final NBA. 

"Tembak saja," kata Al Horford setelah menang. "Itu yang kami ingat sepanjang pertandingan. Kami memang bukan pemain terbaik di liga, tapi kami mampu berjuang dan menemukan cara untuk menang." 

4. Jayson Tatum Jadi Playmaker

Di awal laga, Jayson Tatum kurang efisien. Dia mencetak 12 poin dengan akurasi tembakan 3 dari 17 percobaan. Sepanjang musim, ini yang penampilan buruk kedua darinya. Tapi pelatih Ime Udoka memiliki cara jitu. Memanfaatkan skill Tatum untuk membagi bola. Hasilnya luar biasa, terutama di kuarter keempat. 

Tatum mencetak 13 assist, yang jadi catatan tertinggi sepanjang karirnya. Juga menjadi rekor assist terbanyak bagi seorang pemain NBA yang pertama kali tampil di final. Tatum tidak frustasi ketika tembakannya gagal, justru dia mencari cara untuk mendistribusikan bola ke rekan-rekannya. 

"Ya, saya pikir ini adalah pesan dari pelatih. Saya diminta untuk mengembangkan diri. Bermain di luar kebiasaan. Biasanya saya mencetak poin, tapi sekarang saya membantu tim dengan cara yang berbeda," kata Tatum. 

5. Steph Curry Cetak Rekor, Tapi Turun di Kuarter Keempat

Berkebalikan dengan Jayson Tatum, Stephen Curry tampil efektif di kuarter pertama. Bahkan dia bisa mencetak rekor NBA. Di kuarter pertama, Curry mencetak 21 poin dengan 6 kali three point. Enam tembakan tiga angka tersebut menjadi catatan paling banyak yang dibuat pemain dalam satu kuarter di Final NBA. 

Catatan 21 poin, juga menjadi torehan paling banyak yang dibuat pemain dalam satu kuarter di Final NBA sejak Michael Jordan pada tahun 1993. Curry terus membuat poin hingga menyelesaikan laga dengan catatan 34 poin, 5 rebound, dan 5 assist. Sayangnya itu tidak terlihat lagi di babak kedua. 

Ada beberapa kesalahan yang dilakukan Celtics dalam defense, sehingga membuat Curry berdiri bebas tanpa pengawalan. Tapi setelah itu diperbaiki, Curry tidak berkutik. Setelah kuarter kedua, Curry hanya mencetak 13 poin saja. Tapi dia melakukan 16 kali percobaan tembakan. Dari data ini, bisa diambil kesimpulan kalau Celtics berhasil mematikan pergerakan Stephen Curry.

Game 2 Final NBA 2022 akan berlangsung Senin, 6 Juni 2022. Warriors masih jadi tuan rumah laga tersebut. (*)

Artikel Terkait
Sport
Head-to-Head Golden State Warriors Vs. Boston Celtics

Sport
Warriors Butuh Satu Kemenangan untuk Angkat Trofi Juara 

Sport
Rekor Stephen Curry Setelah Kemenangan Warriors di Game 4 Final NBA 2022