Entertainment

Sutradara ‘Top Gun: Maverick’ Jelaskan Alasan Sosok Penjahat Tak Pernah Diungkap

Jingga Irawan

Posted on June 3rd 2022

Kalau kalian selalu bertanya-tanya kenapa film Top Gun nggak pernah mengungkap sosok penjahatnya, well, kalian nggak sendirian. Semua orang juga bingung kok.

Tapi, sutradara Top Gun: Maverick Joseph Kosinski baru saja menjelaskan alasan di balik keputusan untuk tak pernah mengungkap siapa penjahat film tersebut.

Dalam sebuah wawancara baru di podcast The Big Picture, Kosinski menjelaskan keputusan untuk membuat para penjahat itu tak memiliki nama dan wajah. Intinya, film ini bukan tentang masalah geopolitik. Bukan juga soal ego antar negara. Film ini tentang perjalanan Maverick sebagai karakter.

Tak hanya itu, dengan tak mengungkapkan siapa penjahatnya, film ini bisa menjadi abadi. Penonton dapat melihatnya kembali selama bertahun-tahun yang akan datang tanpa takut akan peristiwa film yang bertepatan dengan kejadian di dunia nyata.

"Film ini benar-benar film kompetisi. Ini lebih merupakan film olahraga dalam hal strukturnya. Ini tentang persahabatan, ini tentang pengorbanan. Ini bukan tentang geopolitik. Sama sekali bukan,” katanya.

“Meskipun film pertama dibuat di jantung negara. Tahun 80-an, musuh dalam film itu juga tak berwajah dan tak bernama. Kami ingin fokusnya adalah pada cerita yang digerakkan oleh karakter tentang Maverick yang berurusan dengan semua hubungan ini.

Meskipun Top Gun: Maverick banyak berurusan dengan Angkatan Laut AS dan elemen militer lainnya, Kosinski menjelaskan kalau itu bukan film perang. Maverick menjadi pusat perhatian untuk hampir keseluruhan film, menunjukkan dia berjuang untuk menemukan tempat di dunia dan mencoba untuk berdamai dengan masa lalunya.

“Kami merancang misi dengan kekuatan tanpa nama, tanpa wajah dan aku senang kami melakukannya karena dunia berubah setiap tahun. Kami merekam film ini pada tahun 2018. Kalian tak akan pernah bisa mengantisipasi seperti apa keadaan dunia saat ini,” tambahnya.

“Aku ingin ini menjadi film yang ditonton orang sepuluh atau 20 tahun ke depan dan masih bisa dinikmati dan tal terasa seperti produk awal 2020-an. Itu adalah tujuan kami."

Sekuel yang telah lama ditunggu-tunggu dari Top Gun tahun 1986, Top Gun: Maverick melihat kembalinya pilot jagoan Tom Cruise Pete "Maverick" Mitchell. Ia kembali ke sekolah pilot pesawat tempur Top Gun di Angkatan Laut yang melatih sekelompok rekrutan baru untuk misi berbahaya di wilayah musuh.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Tom Cruise Naik Jet Tempur Asli Saat Bikin ‘Top Gun: Maverick’

Entertainment
‘Top Gun: Maverick’ Mencetak Rekor Besar yang Tak Dapat Dicapai oleh Film Marvel

Entertainment
5 Hal yang Perlu Diingat dari Film Pertama Sebelum Nonton ‘Top Gun: Maverick’