Interest

Apakah Memang Perlu Berjalan 10 Ribu Langkah Per Hari? Ini Penjelasan Pakar...

Dwiwa

Posted on June 2nd 2022

Bagi banyak orang, berjalan adalah latihan ringan yang memiliki banyak manfaat. Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan berjalan ke dalam rutinitas aktivitas kita dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan bahkan meningkatkan kesehatan mental.

Tetapi, berapa banyak yang harus dilakukan seseorang setiap hari masih menjadi perdebatan. Banyak dari kita yang sering mendengar orang harus melakukan 10.000 langkah sehari. Lalu, benarkah kita harus melangkah sebanyak itu?

Dilansir dari Yahoo Life, Dr Alexis Coslick, spesialis kedokteran olahraga dan rehabilitasi di Johns Hopkins Medicine, menunjukkan bahwa 10.000 langkah sehari dikembangkan untuk kampanye pemasaran pedometer Jepang. Bukan merupakan rekomendasi kesehatan resmi.

“Penelitian telah mencari tahu jumlah langkah yang terkait dengan manfaat kesehatan dan penurunan berat badan, tetapi sebagian besar penelitian juga membatasi asupan kalori, dibanding mengevaluasi jumlah langkah secara terpisah,” katanya.

Dia mengatakan bahwa secara resmi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan 150 menit per minggu latihan aerobik intensitas sedang, atau 75 menit latihan aerobik intensitas tinggi dan dua hari penguatan otot. Mencoba untuk mencapai hitungan langkah seseorang, secara teori, dapat dicapai oleh latihan tersebut.

Tetapi, alasan sebenarnya mengapa jumlah langkah adalah metrik yang signifikan adalah karena ini menunjukkan seberapa sering kita bergerak sepanjang hari.

“Hitungan langkah harian seseorang berkaitan erat dengan peningkatan kognisi, suasana hati, kontrol glikemik (gula darah), dan penurunan risiko semua penyebab kematian, tekanan darah, dan trigliserida postprandial,” ujar pelatih pribadi Tony Coffey, pemilik Bloom Training.

Menurut penelitian, meningkatkan jumlah langkah seseorang – alias, meningkatkan seberapa sering kalian bergerak sepanjang hari - bahkan mungkin dapat membantu hidup lebih lama.

“Sebuah meta-analisis baru-baru ini yang mengamati lebih dari 175.000 orang menunjukkan bahwa untuk setiap seribu langkah yang dilakukan per hari, risiko kematian dari semua penyebab turun 12 persen,” kata Coffey kepada Yahoo Life.

“Data tersebut mengamati individu yang rata-rata berjalan kurang dari 3 ribu langkah per hari hingga 16 ribu langkah per hari. Berjalan kurang dari 3 ribu langkah per hari dikaitkan dengan 300 persen peningkatan risiko semua penyebab kematian dibandingkan dengan kelompok 16 ribu langkah.”

Sebagai gambaran, angka kematian karena semua penyebab hanya 70 hingga 80 persen lebih tinggi pada perokok daripada non-perokok. Seberapa banyak kita bergerak di siang hari adalah salah satu prediktor terbesar dari keseluruhan hidup seseorang.

Jadi, kalian tidak perlu terlalu khawatir tentang 10 ribu langkaha. Michele Olson, seorang profesor klinis ilmu olahraga di Huntingdon College di Alabama, mencatat bahwa menurut penelitian, 7 ribu langkah sehari mungkin angka yang tepat.

"Dalam hal membuat dampak yang signifikan, seseorang harus bekerja untuk mengumpulkan 7 ribu langkah per hari. Dibandingkan dengan hanya melakukan 4 ribu langkah, mengambil 7 ribu langkah secara substansial mengurangi risiko kesehatan," katanya.

Meski begitu, Olson juga mengatakan jika menambah langkah hingga 10 ribu per hari akan memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan. Kalau kalian, pilih 7 ribu langkah atau 10 ribu langkah sehari nih? (*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Jangan Diskip, Olahraga Selama Ramadhan Punya Banyak Manfaat Loh!

Lifestyle
Ini Loh Akibatnya Kalau Tiap Hari Malas Jalan Kaki

Current Issues
Rutin Lakukan Ini Agar Tak Begitu Parah Jika Apes Terinfeksi Covid-19