Tech

Google Gabungkan Duo dan Meet Jadi Satu Platform Panggilan Video

Jingga Irawan

Posted on June 2nd 2022

Google akan menyederhanakan layanan komunikasinya. Pada 1 Juni, perusahaan mengumumkan rencananya untuk menggabungkan Duo dan Meet, dua aplikasi panggilan video yang berbeda, ke dalam satu layanan platform bernama Google Meet.

Sebelum peleburan resmi terjadi, Google akan mulai menambahkan fitur Meet ke Duo. Artinya, pengguna akan dapat memakai fitur aplikasi Meet di Duo, seperti menjadwalkan meeting. Fitur lain yang akan masuk ke Duo termasuk dukungan untuk latar belakang virtual, konten berbagi langsung, dan chat online dalam meeting.

Pada saat yang sama, Google juga menjanjikan fitur populer dan disukai pengguna Duo, seperti kemampuan untuk menerapkan filter dan efek ke panggilan. Selain itu, riwayat panggilan, kontak, dan pesan kalian tak akan hilang dari aplikasi. Itu semua menjadi bagian dari janji Google untuk secara hati-hati mengintegrasikan kedua platform dan bisa mendukung sebanyak mungkin pengguna.

Alasan Google untuk menggabungkan kedua aplikasi karena perusahaan percaya bahwa hal itu pada akhirnya akan menguntungkan pengguna. Di sisi lain, pengguna tak akan kebingungan untuk memakai salah satu fitur di antara kedua aplikasi.

“Selama beberapa tahun terakhir, Duo dan Meet terus berkembang seiring dengan kebutuhan panggilan video dan rapat yang terus berkembang, dan sekarang pengalaman bersama akan lebih baik sebagai Google Meet,” kata juru bicara perusahaan kepada Engadget.

Rumor penggabungan Meet dan Duo telah berhembus sejak 2020. Tetapi saat itu tak ada pengumuman resmi yang dibuat oleh perusahaan. Dalam blog resminya, Google mengatakan penggabungan keduanya akan dilaksanakan akhir tahun 2022.  

Meet sudah dimasukkan ke dalam begitu banyak layanan Google sehingga bisa menjadi pesaing WhatsApp dan FaceTime. Sementara itu, Duo sendiri telah diperkenalkan pada tahun 2016 bersama dengan Allo. Sayangnya, layanan Allo saat ini telah dipensiunkan oleh Google.(*)

Artikel Terkait
Tech
Google Bakal Punya Dua Aplikasi Bernama Meet

Tech
Fitur Baru DuckDuckGo Bisa Cegah Aplikasi Lacak Data Penggunan Android

Tech
Facebook Gandeng Saingannya, Zoom, untuk Facebook Portal