Entertainment

Johnny Depp Menangkan Gugatan Terhadap Amber Heard Soal Pencemaran Nama Baik

Jingga Irawan

Posted on June 2nd 2022

Johnny Depp memenangkan gugatan pencemaran nama baik terhadap mantan istrinya Amber Heard. Keputusan itu diumumkan juri dalam persidangan Rabu, 1 Juni 2022. Aktor Pirates of the Caribbean itu mendapat ganti rugi lebih dari USD 10 juta (Rp 150,6 miliar).

Namun dalam keputusan terpisah, juri juga memenangkan gugatan Heard. Dia merasa difitnah oleh salah satu pengacara Depp. Yang menuduhnya membuat tipuan terperinci agar apartemen mereka terlihat lebih buruk bagi polisi. Juri memutuskan Amber Heard menerima ganti rugi USD 2 juta (Rp 29 miliar).

Putusan itu mengakhiri rangkaian persidangan yang disiarkan di televisi. Depp berharap persidangan mengungkap segalanya sehingga bisa membantu memulihkan reputasinya. Sementara itu, Amber Heard, yang terlihat tegar di ruang sidang saat putusan dibacakan, mengaku patah hati.

"Aku bahkan lebih kecewa dengan apa arti putusan ini bagi wanita lain," katanya dalam sebuah pernyataan yang di-posting di akun Twitter-nya.

"Ini kemunduran. Ini mengembalikan waktu ke masa ketika seorang wanita yang berbicara bisa dipermalukan di depan umum. Ini mengembalikan gagasan bahwa kekerasan terhadap perempuan harus dianggap serius."

Depp, yang tak hadir di pengadilan pada Rabu, mem-posting sebuah pernyataan di Instagram yang mengatakan, "Juri memberiku hidup kembali. Aku benar-benar merasa bersyukur."

"Aku berharap pencarianku untuk mengungkapkan kebenaran akan membantu orang lain, pria atau wanita, yang telah mengalami situasi sepertiku, dan bahwa mereka yang mendukung mereka tak pernah menyerah," katanya.

Awal Mula Gugatan Pencemaran Nama Baik

Depp menggugat Heard karena pencemaran nama baik di Pengadilan Fairfax County Circuit atas tulisan opini pada Desember 2018 yang Heard tulis di The Washington Post. Dalam tulisan itu, Heard menggambarkan dirinya sebagai "figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga." Pengacara Johnny mengatakan dia difitnah oleh artikel itu meskipun Heard tak pernah menyebutkan namanya.

Tujuh juri menemukan bahwa Heard memang melakukan pencemaran nama baik atas Johnny Depp, di mana Depp akhirnya memenangkan tiga klaim tuduhan. Di sisi lain, Heard memenangkan satu atas tiga klaim gugatan balik atas mantan suaminya. Sehingga dia diberikan ganti rugi sebesar USD 2 juta.

Kesaksian Persidangan Fokus Pada Klaim Pelecehan

Meskipun kasus itu tentang pencemaran nama baik, sebagian besar kesaksian berfokus pada apakah Heard telah dilecehkan secara fisik dan seksual, seperti yang dia klaim.

Heard menyebutkan lebih dari selusin dugaan penyerangan, termasuk perkelahian di Australia dan saat Depp kehilangan ujung jari tengahnya. Tetapi Heard mengatakan dia diserang secara seksual dengan botol minuman keras.

Persidangan tersebut mirip seperti gugatan yang diajukan Depp di Inggris terhadap tabloid Inggris setelah ia digambarkan sebagai "pemukul istri.” Sayangnya, Hakim dalam kasus itu memenangkan tabloid Inggris setelah menemukan bahwa Heard memang mengatakan yang sebenarnya soal pelecehannya.

Kasus ini memikat jutaan orang di seluruh dunia. Termasuk pengikut yang gencar saling membela di media sosial antara kedua artis. Para ahli juga turut membedah segala sesuatu, mulai dari tingkah laku aktor hingga kemungkinan putusan apa yang mereka dapat.(*)

Foto: AFP

Artikel Terkait
Entertainment
Pakar: Dukungan Fans Johnny Depp di Internet ‘Tak Ada Artinya untuk Kasus ini'

Entertainment
Peran Amber Heard di ‘Aquaman 2’ Diperkecil. Alasannya, Karena Kurang Chemistry

Entertainment
Rumor Amber Heard Dipecat Dari ‘Aquaman 2’ Dibantah Jurnalis Top Ryan Parker