Sport

Head-to-Head Golden State Warriors Vs. Boston Celtics

Tora Nodisa

Posted on June 2nd 2022

Foto: ESPN

Final NBA 2022 akan segera dimulai. Seri puncak dari rangkaian liga basket terbaik sejagad tersebut akan mempertemukan Golden State Warriors melawan Boston Celtics. Keduanya berhasil keluar sebagai juara di masing-masing wilayah. Pertemuan pertama Final NBA dari seri best-of-seven akan berlangsung besok, Jumat, 3 Mei 2022. 

Menurut data dari Land of Basketball, Warriors dan Celtics sudah bertemu sebanyak 346 kali di musim reguler NBA. Dari semua pertemuan tersebut, Celtics memenangkan 208 pertandingan dan Warriors menang 138 pertandingan. Kemenangan Warriors ini terbagi tiga, yaitu Philadelphia Warriors 66 kali, San Francisco Warriors 22 kali, dan Golden State Warriors 50 kali. Sebaliknya, Boston Celtics tidak pernah mengganti nama atau pindah tempat sejak 1946 sampai sekarang. 

Untuk rekor Playoffs sendiri, Celtics dan Warriors pernah bertemu 23 kali. Celtics unggul 16-7 dari Warriors. Paling banyak bertemu pada antara tahun 1958 hingga 1964. Pada tahun 1958, 1960, 1962, Celtics selalu menang melawan Warriors di Final Wilayah Timur. Karena saat itu, Warriors masih berada di Philadelphia. Kemudian pada tahun 1964, ketika Warriors pindah ke San Francisco, kedua tim bertemu di Final NBA. Hasilnya pun sama, Celtics menang (4-1) di Final NBA 1964. 

Menariknya, dalam 10 pertemuan terakhir selama musim 2017-18 hingga 2021-22, Celtics menang 7 kali dan Warriors hanya bisa mengalahkan Celtics 3 kali. Celtics bisa dikatakan sebagai rival terberat bagi Warriors. Meski di era trio Stephen Curry, Draymond Green, dan Klay Thompson. Apalagi Celtics kali ini punya Jayson Tatum dan Jaylen Brown yang tampil luar biasa di Playoffs, saat menundukkan Miami Heat di Final Wilayah Timur. 

Dari head-to-head pemain, Stephen Curry ada di urutan teratas untuk pencetak poin terbanyak bagi Warriors dengan torehan 25,9 ppg selama Playoffs NBA 2022. Sebaliknya di sisi Celtics, ada Jayson Tatum dengan catatan 27,0 ppg. Kedua pemain dinobatkan sebagai MVP di konferensinya masing-masing. Curry dan Tatum juga memimpin catatan steals di masing-masing klub. 

Pemain lain yang menjadi kunci tim Warriors adalah Kevon Looney, Jordan Poole, Draymond Green dan Klay Thompson. Sementara untuk Celtics ada Al Horford, Marcus Smart, dan R. Williams III. Mereka adalah pemain-pemain dengan rata-rata statistik terbaik di timnya selama Playoffs, seperti assist, rebound, blocks, hingga three point precentage. 

Final NBA akan digelar pekan ini. Untuk pertandingan pertama Warriors akan bertindak sebagai tuan rumah. Jadi Game 1 Final NBA 2022 akan berlangsung di Chase Center, San Francisco, Amerika Serikat. (*)

Artikel Terkait
Sport
5 Faktor Kemenangan Celtics dari Warriors di Game 1 Final NBA 2022

Sport
Kalahkan Boston Celtics, Golden State Warriors Juara NBA 2022

Sport
Mitos Game 3 Final NBA yang Bikin Pendukung Warriors Deg-degan