Entertainment

Disney Lawan Penggemar ‘Star Wars’ yang Rasis pada Moses Ingram

Jingga Irawan

Posted on June 1st 2022

Disney telah melawan balik akun troll yang berskiap rasis pada aktris Obi-Wan Kenobi Moses Ingram secara online. Perlawanan itu disampaikan oleh Disney melalui akun Twitter resmi Star Wars. Akun itu mengeluarkan pernyataan dukungan untuk Ingram.

Dua episode pertama Obi-Wan Kenobi baru-baru ini dirilis di Disney+ dan menampilkan pendatang baru Ingram sebagai Inquisitor Reva, penjahat series tersebut. Namun, hanya beberapa saat setelah perilisan, Ingram menerima hujatan di media sosial.

"Kami bangga menyambut Moses Ingram ke keluarga Star Wars dan tak sabar untuk mengungkap kisah Reva. Jika ada yang berniat membuatnya merasa tak diinginkan, kami hanya punya satu hal untuk dikatakan: kami tak setuju," tulis akun tersebut.

"Ada lebih dari 20 juta spesies hidup di galaksi Star Wars, jangan memilih untuk menjadi rasis."

Pernyataan itu muncul ketika Ingram membagikan contoh pelecehan rasis yang dia terima dari penggemar Star Wars di Instagram Stories-nya. Dia melanjutkan dengan bercerita melalui video yang menjelaskan dia menerima ratusan komentar serupa.

"Aku pikir hal yang menggangguku adalah perasaan yang aku miliki di dalam diriku, yang tak seorang pun memberi tahuku, tetapi perasaan 'diam dan terima, kamu hanya perlu tersenyum dan menanggungnya', dan aku tak dididik seperti itu," katanya.

"Aku benar-benar hanya ingin seperti biasanya, pikirku, dan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang muncul untukku di komentar dan tempat-tempat yang tak akan aku tempati. Dan untuk kalian semua, kalian semua aneh.”

Sedihnya, Ingram baru-baru ini telah diperingatkan akan menjadi sasaran troll rasis menjelang debut acara tersebut. Seakan produksi acara tahu kalau dia akan dihujat di media sosial.

"Itu adalah sesuatu yang benar-benar ada di depan Lucasfilm, dan berkata, 'Ini adalah hal yang, sayangnya, kemungkinan besar akan terjadi. Tetapi kami di sini untuk membantumu. Kamu dapat memberi tahu kami ketika itu terjadi,'" katanya kepada The Mandiri.

Ingram bukan bintang Star Wars pertama yang menerima pelecehan semacam itu. Baik John Boyega dan Kelly Marie Tran pernah menerima komentar rasis serupa setelah mereka bergabung dengan waralaba, membuat Tran kemudian menghapus akun media sosialnya.(*)

 

Artikel Terkait
Entertainment
Disney+ Tayangkan Film Terbaru Star Wars Dua Bulan Lebih Awal

Entertainment
‘Obi-Wan Kenobi’ Munculkan Tera Sinube

Entertainment
Rilis Film Disney Kembali Ditunda, Kali Ini Sampai Satu Tahun