Tech

TikTok Uji Coba Fitur ‘Clear Mode’, Bisa Lebih Jelas Tonton Konten di Aplikasi

Jingga Irawan

Posted on June 1st 2022

TikTok menguji fitur baru bernama clear mode. Fitur itu bisa bikin pengguna lebih leluasa saat menonton konten di aplikasi. Nantinya, tampilan seperti nama pengguna, teks, dan informasi audio yang bisa mengganggu video tak akan terlihat.

Dalam beberapa kasus, pengguna juga dapat menghilangkan tombol suka, komentar, dan bagikan untuk mendapatkan pengalaman menonton yang benar-benar bebas gangguan.

Clear mode pertama kali diungkap oleh editor The Next Web Matt Navarra, tetapi TikTok baru memberikan konfirmasi pada TechCrunch saat sedang menguji fitur tersebut pada Selasa, 31 Mei 2022.

Perusahaan belum mengatakan kapan pengguna bisa merasakan tampilan clear mode. Seperti biasa, perlu juga dicatat kalau TikTok bisa memutuskan untuk tak menerapkan fitur tersebut berdasarkan feedback yang dikumpulkan perusahaan dari pengguna.

Jika aplikasi TikTok kalian termasuk di antara yang bisa mencoba uji coba tersebut, kalian dapat mengakses clear mode dengan menekan lama pada video dan mengetuk opsi yang sesuai.

Seperti yang ditunjukkan oleh TechCrunch, fitur tersebut jika diterapkan bisa membuat kreator konten lebih mudah karena mereka tak perlu lagi mengunggah ulang klip untuk menyesuaikan layar pengguna. Pasalnya, pengguna TikTok sering menulis komentar bahwa video tertutup teks atau tombol yang telah mengaburkan bagian penting dari video yang ingin mereka lihat.

TikTok telah menguji lebih banyak jenis peningkatan fitur dalam beberapa bulan terakhir. Misalnya, beberapa pengguna baru-baru ini mendapatkan akses ke fitur riwayat tontonan yang memudahkan untuk menemukan kembali video yang kalian lupa like.(*)

Artikel Terkait
Tech
TikTok Uji 'Watch History’, Mudahkan Pengguna Cari Video yang Sudah Ditonton

Tech
5 Fitur Samsung Galaxy yang Wajib Dicoba, Canggih Banget!

Tech
Linktree Izinkan Kreator di Seluruh Dunia Terima Pembayaran dengan PayPal