Entertainment

Music Bank Diduga Manipulasi Kemenangan LE SSERAFIM atas Lim Young-woong

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 31st 2022

Baru-baru ini LE SSERAFIM menjadi sorotan karena kemenangan mereka di acara Music Bank. Girlgroup rookie tersebut mengalahkan Lim Young-woong di episode 13 Mei, tetapi para penonton menduga ada manipulasi data yang membuat girlgroup tersebut menang.

Music Bank adalah sebuah acara yang menandingkan dua artis dalam satu episode. Di acara tersebut tiap artis akan membawakan lagu hits mereka. Pemenang ditentukan berdasarkan beragam penilaian. Sejumlah 60% ditentukan oleh raihan digital, 20% oleh nilai broadcast, 10% via survei penonton, 5% dari penjualan album fisik, dan 5% nilai media sosial.

LE SSERAFIM membawakan lagu Fearless sedangkan Lim membawakan If We Ever Meet Again. Seperti yang dilaporkan Segye Ilbo, Music Bank diprotes karena Lim mendapat skor 0 untuk nilai broadcast. Program tersebut mengklaim bahwa lagu If We Ever Meet Again tidak diputar KBS TV, program radio KBS, atau konten digital selama periode 2-8 Mei. Maka dari itu Lim mendapat nilai 0.

Para penonton lalu menemukan bukti bahwa lagu Lim diputar di radio KBS di periode tersebut. Namun, Music Bank kembali menanggapi bahwa skor broadcast radio hanya dihitung dari tujuh program KBS Cool FM. Di luar tujuh program itu maka tidak masuk perhitungan.

Kepolisian Korea Selatan sudah mulai menginvestigasi tuduhan manipulasi data tersebut. Kalau sudah ada bukti yang mendukung tuduhan tersebut, kepolisian akan mengadakan investigasi secara meluas.

Di luar itu, salah satu anggota LE SSERAFIM yaitu Kim Ga-Ram sedang menjalani hiatus setelah diserang warganet karena ia diduga melakukan bullying dan tidak diadili. Nah, mari kita nantikan update-update lain dari girlgroup satu ini.(*)

Artikel Terkait
Korea
LE SSERAFIM Akan Come Back dengan Format Baru, Segera Ada Lagu Baru

Korea
LE SSERAFIM Umumkan Album Mini Baru ‘Antifragile’, Akan Rilis Oktober

Korea
LE SSERAFIM Rilis Dokumenter ‘The World Is My Oyster’ Tanpa Kim Garam