Entertainment

Ciptakan Kembali Suaranya di 'Top Gun: Maverick', Val Kilmer Pakai Teknologi AI

Jingga Irawan

Posted on May 31st 2022

Setelah pertama kali berperan sebagai Lt. Tom "Iceman" Kazansky dalam film tahun 1986 Top Gun, Val Kilmer kembali bergabung dengan sekuel Top Gun: Maverick. Dalam film tahun 2022 ini, aktor berusia 62 tahun itu sekarang berperan sebagai laksamana.

Menurut The New York Times Magazine, Kilmer menderita kanker tenggorokan pada tahun 2014. Setelah melalui beberapa perawatan, termasuk trakeotomi, dia kehilangan suaranya. Kilmer secara terbuka mengkonfirmasi diagnosisnya pada 2017 setelah menepis beberapa laporan penyakitnya.

Tahun lalu, aktor tersebut bekerja dengan perusahaan teknologi asal London, Sonantic, menggunakan sistem kecerdasan buatan (AI)  untuk membuat kembali suara ikoniknya demi sekuel tersebut. Sonantic menggunakan rekaman lama suara Kilmer agar terlihat seolah-olah dia berbicara dalam film.

Dalam sebuah wawancara bulan Agustus dengan People, putra Kilmer, Jack Kilmer, mengatakan bahwa ayahnya sangat senang dengan proyek tersebut.

"Mereka menghormati warisan Iceman, dan dia (ayahnya) sangat terpukau olehnya," ungkap Jack Kilmer.

Dalam wawancara yang sama, produser film, Jerry Bruckheimer, mengatakan Tom Cruise adalah kekuatan pendorong di balik kembalinya Kilmer untuk sekuel.

"Dia berkata, 'Kita harus mengajak Val, kita harus mendapatkannya kembali. Kita harus memiliki dia di film,'" kata Bruckheimer kepada People.

"Dan dia adalah kekuatan pendorongnya. Kami semua menginginkannya, tetapi Tom benar-benar bersikeras bahwa jika dia ingin membuat film Top Gun yang lain, Val harus ada di dalamnya."

Bruckheimer melanjutkan cerita tentang sosok  Kilmer, "Dia aktor yang sangat baik, dan dia individu yang baik. Kami bersenang-senang di yang pertama dan ingin menyatukan kembali beberapa geng."

Produser Top Gun menambahkan bahwa ketika Kilmer tiba di lokasi syuting untuk melakukan beberapa pengambilan gambar dengan Cruise, itu adalah pengalaman yang sangat emosional bagi kita semua.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Mengapa Tom Iceman Tak Bicara di ‘Top Gun: Maverick’?

Entertainment
Thomasin McKenzie Batal Main di ‘Top Gun: Maverick’, Ini Alasannya!

Entertainment
5 Hal yang Perlu Diingat dari Film Pertama Sebelum Nonton ‘Top Gun: Maverick’