Interest

Ternyata Menghabiskan Waktu di Luar Ruangan Bisa Tingkatkan Produktivitas Loh

Dwiwa

Posted on May 30th 2022

Kita semua tahu jika menghabiskan waktu di luar ruangan memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari memaksimalkan produksi vitamin D hingga meningkatkan kebugaran dengan berolahraga.

Tapi tahukah kalian bahwa menghabiskan waktu di luar sebenarnya juga dapat meningkatkan produktivitas?

Dilansir dari MarthaStewart.com, menurut Dr. Allison Chase, seorang psikolog klinis dan direktur klinis regional di Pathlight Mood and Anxiety Center, pergi ke luar ruangan dapat membantu kita menemukan "kelegaan dan keseimbangan", terutama jika kita mengalami stres secara rutin yang mengalihkan perhatian dari tugas sehari-hari.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari sangat memengaruhi suasana hati dan tingkat energi. Menurut Dr. Casey Means, kepala petugas medis dan salah satu pendiri Levels - yang menggunakan biosensor untuk menawarkan umpan balik real-time tentang bagaimana apa yang kita makan memengaruhi kesehatan metabolisme - kedua variabel tersebut sering berkorelasi dengan produktivitas.

"Sama seperti makanan adalah informasi molekuler untuk tubuh kita, sinar matahari adalah informasi energik yang memberi tahu otak dan sel kita bagaimana berfungsi, kapan harus bangun, dan mengatur kondisi untuk metabolisme kita,” ujarnya.

Dr. Means menambahkan, mata kita adalah port akses otak kita ke cahaya alam. Fotoreseptor, atau sel peka cahaya, di retina kita bereaksi terhadap partikel sinar matahari dengan mengubah bentuk dan mengirimkan sinyal - seperti, "waktunya bekerja!" - kepada pikiran kita. Mekanisme ini dimulai segera setelah bagian dari nukleus suprachiasmatic kita (di hipotalamus otak) terkena cahaya.

Berapa lama kita harus di luar untuk melihat peningkatan produktivitas? Sebuah studi menunjukkan bahwa menghabiskan hanya dua jam kumulatif per minggu di alam bebas berdampak positif pada penilaian diri peserta tentang kesehatan dan kesejahteraan mereka, kata Dr. Means, sentimen yang membuat kita lebih produktif dari waktu ke waktu.

Studi lain, tambahnya, menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan di area luar ruangan yang lebih ramah dapat menurunkan risiko kita untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Meski begitu, Dr. Chase mengatakan tindakan sederhana seperti beristirahat juga penting. Menurutnya, belum tentu ada hubungan antara jam kerja dan produktivitas hasil yang konsisten - itulah mengapa istirahat untuk mengisi ulang otak jadi penting.

"Meluangkan waktu untuk pergi keluar dan mengisi ulang, dalam mode yang paling membantu kita, pasti dapat meningkatkan produktivitas," kata Dr. Chase.

Namun dia mencatat, tidak semua orang cocok dengan metode yang sama untuk bisa memaksimalkan keuntungan produktivitas dan kesehatan mental dari berada di luar. Kalian bisa melihat peningkatan energi selama menemukan aktivitas luar ruangan yang terasa menyenangkan.

"Ini benar-benar tergantung pada kebutuhan dan kemampuan fisik individu," kata Dr. Chase. "Untuk beberapa, aktivitas fisik yang keras yang meningkatkan detak jantung dan memberikan kemampuan bagi individu untuk 'mengeluarkan tenaga' dapat bermanfaat, sementara bagi yang lain - seperti mereka yang berjuang dengan kecemasan atau stres - meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang membantu mereka menemukan ketenangan dan kedamaian adalah pendekatan yang lebih baik," ujarnya.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Pentingnya Makan Bareng Teman untuk Kesehatan Mental

Interest
Lagi Merasa Kesepian? Robot Ini Siap untuk Menggenggam Tangan Kalian

Interest
Memiliki Hubungan Sosial yang Kuat Ternyata Berdampak Positif untuk Kesehatan