Sport

Francesco Bagnaia Tercepat di GP Italia

Tora Nodisa

Posted on May 29th 2022

Foto: MotoGP.com

Pembalap Italia memenangkan GP Italia. Itulah yang terjadi di Sirkuit Mugello, Italia tahun ini. Pembalap asal Italia Francesco Bagnaia dari tim Ducati menjadi yang tercepat di hadapan publik tuan rumah. Fabio Quartararo dari Yamaha menempati posisi kedua, dan Aleix Espargaro dari Aprilia finis di urutan ketiga. 

Francesco "Peco" Bagnaia berhasil naik dari posisi kelima start untuk finis dengan nyaman di depan pemimpin klasemen sementara MotoGP 2022, Fabio Quartararo. Bagnaia memang memenangkan GP Italia, namun karena Quartararo tetap naik podium, maka posisinya di klasemen tetap aman. 

Quartararo menempati peringkat pertama di klasemen dengan 122 poin. Aleix Espargaro menyusul di belakangnya dengan memperoleh 114 poin. Di tempat ketiga ada Enea Bastianini dari Gresini Racing dengan 94 poin. Bagnaia sendiri ada di posisi keempat dengan torehan 81 poin. Kalau dari klasemen memang Quartararo lebih tinggi, tapi kalau dari jumlah kemenangan, pembalap asal Prancis tersebut kurang bagus. Dia hanya sekali juara seri MotoGP. Terbanyak saat ini adalah Bastianini dengan tiga kali juara seri MotoGP 2022. 

Kembali ke balapan hari Minggu sore, Peco yang memulai balapan dari posisi kelima bisa mengambil alih keunggulan di pertengahan balapan dan tidak pernah menyerah sampai akhir. Peco finis dengan catatan waktu 41:18.923, hanya setengah detik lebih cepat dari Quartararo. Setelah kemenangan ini, Bagnaia sangat gembira, mengingat momen tersebut disaksikan oleh pendukung tuan rumah.

"Luar biasa saya sangat senang bisa menang di kandang di depan para penggemar kami, ini sangat hebat," kata Bagnaia kepada Sky Sport Italia.

Sementara itu, Quartararo menyebut balapan hari Minggu sebagai penampilan terbaiknya di musim ini. Sebab dia bisa naik dari peringkat keenam dan finis di urutan kedua di bawah Bagnaia. "Saya mencoba memotivasi diri saya sendiri. Saya ingin tampil sebaik mungkin, tidak peduli akan finis di posisi berapa. Ternyata saya bisa naik podium. Itu menyenangkan," kata Quartararo. 

Dari sisi lain, juara enam kali Marc Marquez finis di urutan ke-10. Ini menjadi balapan terakhir Marquez musim ini. Karena kemungkinan besar dia bakal naik meja operasi untuk menyembuhkan lengan kanannya yang pernah patah, dua tahun lalu. (*)

Artikel Terkait
Sport
Kisah Heroik Francesco Bagnaia yang Dianggap Sebagai Pahlawan Ducati

Sport
Francesco Bagnaia Salip Perolehan Poin Fabio Quartararo dan Buka Peluang Juara M

Sport
Francesco Bagnaia Di Ambang Gelar Pertamanya setelah Menang di Malaysia