Entertainment

Identitas Vecna dan Kutukan ‘Stranger Things Season 4’

Jingga Irawan

Posted on May 29th 2022

Siapa Vecna, apa itu Vecna, dan apa yang diinginkan Vecna ​​dengan para remaja di Hawkins adalah semua pertanyaan besar di Stranger Things season 4.

Season 1 dimulai dengan monster sederhana yang menghancurkan gerbang Upside Down, tetapi season 2 memperluasnya dan memperkenalkan Mind Flayer, sementara season 3 akhirnya membawa Mind Flayer ke dunia nyata. Namun, peristiwa yang telah terjadi di Hawkins selama bertahun-tahun diprediksi telah menyebabkan kembalinya Vecna, penjahat baru untuk Stranger Things season 4.

Meskipun Demogorgon dan Mind Flayer sudah terdengar mengerikan, Vecna ​​sama sekali berbeda. Tak ada yang menghadapi penjahat seperti dia sebelumnya. Dia bukan monster acak yang mengejar darah atau makhluk yang tujuan utamanya adalah membunuh Eleven, Vecna memilih korbannya dengan detail. Bahkan bisa membunuh tanpa menyentuhnya.

Henry Creel adalah sosok One & Vecna di ​​Stranger Things Season 4

Dalam Stranger Things season 4, episode 7, The Massacre at Hawkins Lab, terungkap bahwa Henry Creel adalah One, subjek tes pertama Dr. Martin Brenner, serta Vecna. 

Henry adalah penghuni Creel House, salah satu rumah di Hawkins yang dikutuk. Henry membunuh ibu dan saudara perempuannya, dan berusaha membunuh ayahnya, Victor, pada 959 atau sekitar 20 tahun sebelum dia melawan Eleven di Hawkins Lab. Tetapi karena Henry hanyalah seorang anak kecil saat itu, dia tak cukup kuat untuk membunuh semua orang.

Victor dapat melarikan diri dari siksaan Henry sebelum dibunuh. Menurut Victor, entah bagaimana, Henry mengalami koma dan tampaknya meninggal seminggu kemudian. Namun tanpa sepengetahuan Victor, Dr. Brenner sebenarnya mengambil hak asuh Henry saat dia bangun dari koma dan memalsukan kematiannya.

Mungkin bagian paling membingungkan dari sejarah Henry Creel adalah bagaimana dia menjadi Vecna. Ketika Eleven menyerangnya dan menangkis serangannya, dia mengirimnya ke dunia lain dengan cara yang sama seperti dia mengalahkan Demogorgon di akhir Stranger Things season 1.

Penjelasan paling logis adalah Eleven membuka portal dan mengirim Henry Creel, yang tubuhnya secara otomatis berubah di lingkungan Upside Down dan berubah menjadi Vecna, tetapi portal itu dengan cepat menutup.

Hubungan D&D dan Vecna ​

Seperti makhluk lainnya di Stranger Things, Vecna ​​terinspirasi oleh Dungeons and Dragons. Dan dalam dunia D&D, Vecna ​​pernah menjadi penyihir manusia yang mempelajari ilmu hitam, yang akhirnya menjadi salah satu penyihir terkuat yang pernah ada.

Mengapa Vecna ​​Membunuh Remaja di Hawkins?

Rencana Vecna ​​di Stranger Things season 4 sebenarnya bukan tentang membunuh remaja, melainkan tentang menggunakan kematian mereka untuk menjembatani Upside Down dan dunia nyata. Setiap kali Vecna ​​membunuh seseorang, dia membuka gerbang baru ke Upside Down di tempat orang itu dibunuh.

Vecna melakukan ini dengan membuat hubungan fisik dengan mereka melalui dimensi, seperti bagaimana Eleven membuat koneksi dengan Demogorgon di dalam Hawkins Lab di season 1.

Seperti yang disimpulkan anak-anak setelah berbicara dengan guru mereka, Scott Clarke, setiap gerbang menciptakan medan elektromagnetik yang lebih kuat daripada yang ada di Bumi, sehingga bisa memengaruhi kompas mereka.

Dengan membuka lebih banyak gerbang di Hawkins, Vecna ​​menciptakan medan elektromagnetik tambahan. Meskipun masih lebih kecil dibandingkan dengan yang Eleven buka, gerbang ini masih cukup besar untuk memberikan dampak, terutama jika digabungkan.

Tujuan akhir Vecna adalah membawa Upside Down dan Bumi lebih dekat dan bertabrakan dengan dua dimensi. Itu sebabnya Upside Down sudah mengalami gempa bumi, dan dilihat dari trailer Stranger Things 4 volume 1, kemungkinan akan ada gempa di Hawkins juga.

Secara keseluruhan, Vecna ​​tak membunuh remaja karena dia hanya ingin. Tetapi remaja dengan trauma dapat dengan mudah dimanipulasi. Oleh karena itu, mereka menjadi sasaran yang lebih mudah daripada orang dewasa untuk mendekatkan Upside Down dengan kematian mereka.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Perbedaan Vecna dan Mind Flayer di ‘Stranger Things’

Entertainment
‘Stranger Things Season 4’: Penjelasan Ending dan Rencana Vecna

Entertainment
Bukan CGI, Ternyata Aktor Vecna di ‘Stranger Things 4’ Dirias Selama 7 Jam