Sport

Pelatih Kobe Bryant Kini Jadi Pelatih Lakers

Tora Nodisa

Posted on May 28th 2022

Foto: Milwaukee Bucks

Ada perubahan penting di bench Los Angeles Lakers. Darvin Ham, seperti dilansir Adrian Wojnarowski dari ESPN, menjadi pelatih baru Lakers, mulai musim 2021-22 hingga empat tahun ke depan. Ham sebelumnya pernah bekerja di Lakers sebagai asisten pelatih pengembangan untuk mendiang Kobe Bryant. 

Ham yang berusia 48 tahun adalah sosok yang kurang tenar bila dibandingkan kandidat lain. Namun Ham dinilai paling mengenal Lakers, karena dirinya pernah jadi asisten pelatih Lakers di tahun 2011-13. Ham dulu menjabat asisten pelatih pengembangan pemain dengan Kobe Bryant sebagai fokusnya. Dia juga pernah mendampingi Mike Brown dan Mike D'Antoni sebagai asisten pelatih. 

Ham kemudian pindah menjadi staf Atlanta Hawks di bawah Mike Budenholzer hingga lima tahun. Kebersamaan Ham dan Budenholzer berlanjut hingga ke Milawaukee Bucks. Tampaknya pilihan manajemen Lakers kali ini mendapatkan persetujuan dari bintang utamanya, LeBron James. Ham punya kemampuan relasional yang hebat dengan para pemain.

Ham akan menjadi pelatih kulit hitam ke-15 saat ini di NBA, yang menjadi rekor terbanyak dalam satu musim. Semua staf Mike Budenholzer kini sudah menjadi pelatih. Selain Ham sudah ada yang lebih dulu jadi head coach seperti Taylor Jenkins, Quin Snyder, dan Kenny Atkinson. Ham juga pernah berkarir menjadi pemain di NBA selama delapan musim. Dia membantu Detroit Pistons juara NBA pada tahun 2004.

Los Angeles Lakers merekrut Darvin Ham untuk menggantikan Frank Vogel. Menurut rumor NBA, dalam sesi wawancara pelatih, Lakers meminta semua kandidat untuk menemukan cara agar Russell Westbrook bisa bermain. Para pelatih diberi pertanyaan bagaimana cara memasukkan Westbrook dalam skema permainan mereka. Dikutip dari laporan Adrian Wojnarowski, memasukkan Westbrook ke dalam sistem bersama LeBron James dan Anthony Davis adalah salah satu tugas Darvin Ham.

"Ham akan diminta mengembalikan Lakers ke Playoffs NBA setelah musim yang hancur dengan rekor 33-49 bersama Frank Vogel. Tapi salah satu arahan Ham yang paling penting, menemukan cara untuk Russell Westbrook ke dalam kerangka tim bersama LeBron James dan Anthony Davis. Itu adalah subjek penting dari setiap wawancara pelatihan Lakers dalam prosesnya." 

Vogel memimpin Lakers mendapatkan gelar juara ke-17 waralaba tepat 18 bulan sebelum pemecatannya. Vogel gagal meramu strategi untuk Lakers yang berisi pemain-pemain seperti LeBron James, Anthony Davis, dan Russell Westbrook. Khusus untuk Westbrook, mau tidak mau, Ham harus mencari cara agar pemain tersebut bisa masuk starting line-up. Karena Westbrook masih mengantongi kontrak berdurasi satu tahun bersama Lakers. 

"Kami memiliki superstar di tim, kami ingin suara yang kuat yang mampu memastikan bahwa para pemain memberikan yang terbaik di setiap pertandingan. Kami ingin semua orang merasa bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Pelatih baru harus membuat para pemain merasakan tanggung jawab ini," tutur manajer Lakers, Rob Pelinka. (*)

Artikel Terkait
Sport
Manajemen Lakers Interview Asisten Pelatih Milwaukee Bucks

Sport
Di Balik Foto Ikonik Kobe Bryant yang Diambil 15 Juni 2001

Sport
Klay Thompson Tiru LeBron James Dalam Merawat Tubuh