Sport

Nomor 46 Hanya Milik Valentino Rossi, Tak Boleh Dipakai Lagi di MotoGP

Tora Nodisa

Posted on May 28th 2022

Foto: MotoGP.com

Tidak akan ada lagi nomor 46 di MotoGP. Karena Dorna, sebagai penyelenggara MotoGP mengistirahatkan nomor tersebut. Valentino Rossi mendapatkan upacara penghormatan pada Sabtu, 28 Mei 2022, di Sirkuit Mugello Italia. Upacara tersebut disambut hangat oleh para fans yang sudah berkumpul di sirkuit favorit Rossi ini. 

Selama acara tersebut, Valentino Rossi didampingi oleh Presiden Federasi Sepeda Motor Internasional, Jorge Veigas dari Portugal, serta beberapa rekan setim dan saingannya di MotoGP seperti Alex Rins, Joan Mir dan Pecco Bagnaia. Penarikan atau mengistirahatkan nomor 46 itu merupakan yang keenam di MotoGP. Sebelumnya ada nomor-nomor yang pensiun yaitu Marco Simoncelli (58), Nicky Hayden (69), Daijiro Kato (74), Kevin Schwantz (34), dan Loris Capirossi (65). 

Nomor 46 memang identik dengan legenda asal Italia tersebut. Dia menjadi juara dunia di MotoGP sembilan kali, dan pensiun pada akhir tahun 2021. Rossi di sambut di lintasan sirkut dengan bom asap kuning, warna favoritnya, dan spanduk "The Doctor" yang dikibarkan di tribun penonton. 

"Terima kasih atas dukungan dan emosi yang luar biasa selama bertahun-tahun di Mugello," kata Rossi, kepada fans setelah menerima trofi dengan nomor 46. 

Setelah menerima trofi dari Jorge Viegas, mantan pebalap Aprilia, Honda, Yamaha, dan Ducati tersebut masih bisa memberikan candaan dalam sambutannya. "Sayang sekali saya tidak bisa berlomba tiga atau empat tahun lagi. Tapi rasa sakit di punggung dan lutut membuat saya sadar bahwa saya sudah tua," kelakar pembalap berusia 43 tahun tersebut.

Mulai sekarang, tidak ada pebalap yang bisa memakai nomor 46, seperti yang terjadi pada mendiang Nicky Hayden ke-69, juara 2006 namun meninggal pada 2017 setelah terlindas saat berlatih sepeda, atau nomor 65 dari Loris capirossi.

Rossi meninggalkan kejuaraan MotoGP pada akhir tahun 2021 setelah 26 musim, di mana ia memenangkan satu gelar juara dunia 125cc, satu gelar juara dunia 250cc dan tujuh gelar 500cc/MotoGP. Jumlah balapan yang diikuti yaitu 432 kali. 

Tapi "The Doctor" tampaknya tidak bisa jauh dari MotoGP. Sekarang dia fokus untuk membesarkan akademinya yang fokus melatih pembalap Italia. Selain itu Rossi juga menjadi pemilik tim VR46 yang masuk MotoGP pertama kalinya pada musim 2022. Tim ini memakai dua sepeda motor satelit yang disediakan oleh Ducati. (*)

Artikel Terkait
Sport
Jorge Lorenzo Dilantik Jadi Hall of Fame MotoGP

Sport
Valentino Rossi Siap Kembali Musim Ini, Tapi Belum Bisa Pastikan Musim Depan

Sport
Alex Marquez Bongkar Aib Honda di MotoGP