Entertainment

Penjelasan Ending ‘Stranger Things’ Season 4, Ungkap Masa Lalu Eleven

Artikel ini mengandung SPOILER!

Jingga Irawan

Posted on May 28th 2022

Netflix akhirnya merilis tujuh episode pertama dari Stranger Things season 4, dengan dua episode lagi akan tayang  pada 1 Juli 2022. Banyak penggemar memuji season ini karena berhasil dikemas dengan detail, menjelaskan cerita di balik kisah El dan pembantaian berdarah, sampai ke peristiwa pembunuhan keluarga Creel yang menyeramkan di Hawkins pada tahun 1959.

Beberapa adegan memang harus diberi perhatian lebih, jadi kalian langsung termaafkan jika merasa agak bingung dengan salah satunya. Berikut adalah semua penjelasan penting yang mengarah ke ending:

SPOILER ALERT!!!

Pembunuhan Keluarga Creel

Jadi, pada tahun 1959, keluarga Creel dibunuh secara mengerikan di rumah Hawkins mereka. Polisi mengira ayah dari keluarga tersebut, Victor Creel (diperankan Robert Englund), membunuh istri hingga anak-anaknya.

Nancy dan Robin pergi ke rumah sakit jiwa di mana Victor yang sekarang sudah tua ditahan, dan menyadari kalau dia tak membunuh keluarganya. Big Bad season ini lah, Vecna, yang melakukannya. Tapi ada lebih banyak cerita di baliknya.

011 dan 001

Eleven telah mengalami kilas balik ke pembantaian berdarah anak-anak telekinetik bernomor lain yang berada di lab bersamanya. Dalam beberapa adegan mengerikan, Eleven ingat melihat anak-anak lain mati dan dia yakin dialah monster yang bertanggung jawab.

Tapi ada cerita lain yang lebih rumit dari itu. Peter Ballard, seorang pria yang tampaknya sangat disiplin di lab, ternyata adalah pasien anak pertama di lab itu, dengan tato 001, alias One. Dia adalah Henry Creel, anak Victor.

Dia tak hanya selamat dari pembantaian keluarga, tetapi dia yang menyebabkannya. Henry dimasukkan ke dalam perawatan psikiatris setelah keluarganya terbunuh. Dan Dr. Brenner, yang khawatir dengan kekuatan Henry, menjadikannya 001, anak pertama yang dieksperimen.

Kisah Asal Usul Vecna

Ketika Henry/One menjadi dewasa, Dr. Brenner mengendalikan kekuatan mengerikannya dengan sebuah chip yang ditanamkan di bawah kulitnya. Sebagai petugas, Henry / One berteman dengan Eleven dan meyakinkannya untuk menghapus chip itu. Henry mengatakan itu cara Brenner dapat melacak dan mengendalikannya.

Eleven menggunakan kekuatannya untuk menarik keluar chip, dan saat itu lah kekuatan menakutkan One dilepaskan lagi.

One dan Eleven bertarung, tetapi One harus berakhir di Upside Down, dengan makhluk iblis menyeramkan yang sekarang kita kenal sebagai Vecna. Tetapi dia masih memiliki tato 001-nya. Ini lah penjelasan bagaimana portal pertama ke Upside Down dibuka.

Tujuan Vecna

Vecna ​​tampaknya mencari orang-orang yang merasa bersalah dan telah mengalami trauma, termasuk Max, yang menyaksikan Billy mati di depannya, dan Nancy yang merasa bertanggung jawab atas kematian Barb yang mengerikan di kolam renang.

Pertanyaan yang Belum Terjawab

Netflix belum memberi tahu banyak alasan keluarga Creel melarikan diri ke Hawkins.

Henry tampaknya berteman dengan laba-laba, dan setelah itu mengembangkan kekuatan untuk membunuh kelinci halaman belakang. Tapi sepertinya ada sesuatu yang tak biasa tentang Henry sebelum dia pindah ke Hawkins, sesuatu yang membuat orang tuanya berpikir mereka harus memulai hidup baru.

Orang tua Henry memiliki hidup sempurna pada tahun 1950-an, tetapi Henry mengisyaratkan kalau mereka memiliki rahasia.

Apa akhir permainan Vecna? Mengapa dia mengejar anak-anak dengan peristiwa traumatis di masa lalu mereka? Apakah dia mencoba membuat pasukan remaja undead? Kita belum tahu.

Namuh yang pasti, Robin dan Eddie mampu merangkak keluar dari Upside Down di adegan terakhir, tetapi Steve masih di bawah sana, dan Nancy jatuh ke dalam alam semesta yang lebih buruk, yakni wilayah kekuasaan Vecna.

So, jawaban lainnya pasti ada di Stranger Things Season 4 Vol 2 yang rilis pada 1 Juli 2022.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Netflix Beri Bocoran ‘Stranger Things 4 Vol. 2, Steve dan Nancy Lolos dari Vecna

Entertainment
Perbedaan Vecna dan Mind Flayer di ‘Stranger Things’

Entertainment
Berapa Usia Vecna dan Henry Creel dalam ‘Stranger Things’?