Entertainment

‘Stranger Things S4’ Tambahkan Peringatan Setelah Insiden Penembakan di Texas

Jingga Irawan

Posted on May 27th 2022

Netflix telah menambahkan peringatan yang panjang di awal pemutaran Stranger Things season 4 setelah penembakan sekolah massal baru-baru ini di Texas.

Menurut Variety, peringatan akan muncul sebelum episode 1 season keempat. Peringatan ini hanya untuk penonton AS. Tujuan penambahan peringatan ini sebagai antisipasi adanya sentimen terkait adegan tertentu dengan insiden yang baru saja terjadi.

"Kami memfilmkan Stranger Things season ini setahun yang lalu," tulis peringatan itu.

"Tetapi mengingat penembakan tragis baru-baru ini di sebuah sekolah di Texas, pemirsa mungkin menganggap adegan pembuka episode 1 menyedihkan. Kami sangat sedih dengan kekerasan yang tak bisa diuraikan dengan kata-kata ini, dan hati kami tertuju pada setiap keluarga yang berduka atas orang yang dicintai."

Netflix juga dilaporkan menambahkan catatan ke deskripsi untuk pemutaran perdananya yang berbunyi, "Peringatan: Berisi kekerasan grafis yang melibatkan anak-anak."

Adegan yang dimaksud dalam peringatan penayangan Stranger Things 4 terungkap dalam klip delapan menit yang diposting oleh Netflix. Dalam cuplikan itu, Eleven (Millie Bobby Brown) ditampilkan terhubung ke pembantaian mematikan yang melibatkan mayat beberapa anak bermandikan darah.

Pada 24 Mei 2022 Amerika Serikat mengalami lagi penembakan mematikan di sekolah. Seorang pria bersenjata berusia 18 tahun memasuki Robb Elementary School di Uvalde, Texas dan menembak mati 19 anak beserta 2 guru.

Tujuh belas orang lainnya terluka dalam serangan itu. Pelaku yang motifnya sebagian besar masih belum diketahui, ditembak dan dibunuh oleh polisi dalam insiden tersebut. Setelah insiden, warga dan pejabat terpilih di AS serta luar negeri mulai berbicara serius soal undang-undang kontrol senjata yang lebih kuat.

Presiden Joe Biden baru-baru ini dalam pidato negara mengatakan, "Kapan dalam nama Tuhan kita akan berdiri untuk mengatur kepemilikan senjata? Mengapa kita rela hidup dengan pembantaian ini? Mengapa kita terus membiarkan ini terjadi?"

Meskipun Stranger Things dikenal dengan tema horor sci-fi, semua kode ini menunjukkan kalau season 4 memang memiliki tone gelap dan lebih dewasa. Produser series tersebut, Ross Duffer, sempat mengatakan bahwa para pemain yang sudah mulai beranjak dewasa memungkinkan kreator akan lebih banyak memasukkan unsur dewasa. (*)

Foto: Netflix

Artikel Terkait
Entertainment
Teaser Baru ‘Stranger Things’ Season 4 Dirilis, Fans Diajak ke Masa Lalu

Entertainment
Tiga Momen Sedih ‘Stranger Things 4’ Hasil Improvisasi Aktor, Tak Ada di Naskah

Entertainment
Produksi Sempat Tertunda, ‘Stranger Things’ Musim 4 Tambah Pemain Baru