Tech

Dukungan Aplikasi Android di Windows 11 Akan Diperluas ke 5 Negara

Jingga Irawan

Posted on May 27th 2022

Pada 2021, Microsoft mengumumkan layanan sistem Windows yang mengizinkan aplikasi Android berjalan di Windows 11. Layanan itu awalnya diluncurkan untuk pengguna Windows di Amerika Serikat, tetapi kini penggunaannya akan diperluas.

Dilansir XDA Developers, sebelum akhir 2022, wilayah yang akan mendapat layanan tersebut adalah Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Inggris.

Sebagai informasi, fitur ini diumumkan pada Juni 2021 dan diluncurkan ke versi live Windows awal tahun ini. Untuk menyediakan layanan tersebut, Microsoft bermitra dengan Amazon dan menyediakan aplikasi Android melalui Amazon Appstore di Windows 11.

Namun jika kalian tinggal di luar wilayah yang disebutkan di atas dan tak sabar menunggu pembaruan masuk ke negara kalian, kalian bisa dengan mudah mengakses fitur dari toko Microsoft setelah mengubah pengaturan wilayah di Windows. Begitu menurut laporan Gizmochina.

Amazon Appstore adalah pasar Android yang dioperasikan oleh Amazon. Lini perangkat perusahaan milik Amazon itu menjalankan Android, dan toko aplikasinya berfungsi sebagai lokasi pusat bagi pengguna untuk mengunduh dan memasang aplikasi.

Amazon Appstore memang tak sebesar Google Play Store, hanya memiliki 500.000 aplikasi. Meskipun penawarannya lebih kecil, Microsoft memilih untuk bermitra dengan toko aplikasi Amazon daripada Google.

Walaupun begitu, Amazon Appstore masih memiliki banyak aplikasi terbesar di pasar. Sehingga, perluasan Microsoft ke negara-negara tambahan merupakan kabar baik bagi pengguna umum.(*)

Artikel Terkait
Tech
Catat! Microsoft Rilis Windows 11 Resmi Sebagai Free Upgrade 5 Oktober Nanti

Tech
Aplikasi Android Sudah Tersedia untuk Windows 11 di Beta Channel

Tech
Ini Deretan Aplikasi Paling Banyak Diunduh di PlayStore Selama Pandemi