Lifestyle

3 Tips Agar Pertengkaran saat Pacaran Gak Jadi Toxic, tapi Membangun

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 26th 2022

Di dalam hubungan romantis pasti ada aja konflik dan terkadang terjadi pertengkaran. Nah, ada beberapa tips agar pertengkaran saat pacaran tetap sehat, nggak sampai melukai, seperti yang dilansir Psychology Today.

Tidak ada kekerasan

Ada baiknya di awal hubungan buat sebuah komitmen bahwa ketika nanti terjadi pertengkaran, dua pihak harus menghindari teriakan, hinaan, tuduhan, atau tekanan untuk mengubah diri (bisa dari cara berpakaian, berteman dengan siapa, melakukan apa, dan lain-lain). Ini penting agar saat bertengkar, dua pihak tahu batasan masing-masing.

Selesaikan satu-persatu

Perlu juga didiskusikan bahwa ketika menjalin hubungan, dua pihak perlu setuju untuk membicarakan apa pun tanpa ada yang ditutupi. Kalau ada beberapa masalah dalam satu waktu, sepakati untuk menyelesaikan satu masalah terlebih dahulu, biar gak campur aduk. Misal muncul pertengkaran karena salah satu pihak lupa merayakan anniversary, jangan singgung masalah salah satu pihak kurang baik dalam mengatur keuangan.

Tentukan waktu untuk bicara

Meski sulit banget buat mengontrol emosi ketika keadaan sudah sangat intens, kita perlu menahan diri untuk langsung berbicara panjang mengenai suatu masalah. Membicarakan masalah di situasi yang kurang pas bisa memperburuk masalah.

Maka dari itu, ketika ada yang perlu dibicarakan, lebih baik memilih satu waktu yang bisa disepakati. Kalau sudah menyepakati waktu, dua pihak lebih berpeluang untuk menyiapkan diri, setidaknya tidak melakukan hal yang penting di waktu itu. Pembicaraan bisa jadi lebih terarah deh, nggak dipenuhi emosi semata.

Di luar itu, ada beberapa tanda sebuah hubungan mulai mengarah ke toxic relationship, cek di sini buat cari tahu. Semoga membantu! (*)

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Merusak Hubungan dan Perlu Segera Diubah

Lifestyle
5 Ciri Insecure dalam Hubungan Romantis, Cek Tanda-Tandanya pada Kalian

Lifestyle
4 Tanda Hubungan yang Gak Akan Langgeng, Sering Gak Disadari dan Dianggap Wajar