Lifestyle

5 Sepatu Air Jordan Termahal yang Pernah Dilelang

Tora Nodisa

Posted on May 25th 2022

Foto: History Sneakers

Michael Jordan mulai memakai Air Jordan 1 pada tahun 1985. Sejak saat itu, Jordan Brand memunculkan budaya sneakers. Air Jordan 1 tidak hanya berjaya di lapangan, namun juga di ranah fashion dan lifestyle. Air Jordan The "Banned" 1 dianggap sebagai salah satu sepatu paling berpengaruh dalam sejarah. 

Momen tak terlupakan lainnya adalah ketika Michael Jordan memainkan "Flu Game" legendarisnya dan memasukkan 38 poin ke ring Utah Jazz di Game 5 Final NBA 1997. Sepasang Air Jordan 12 yang ia kenakan menjadi simbol prestasinya yang luar biasa dan kemudian dilelang seharga AS$104.000 atau setara 2,04 miliar rupiah. Setiap sepatu Jordan memiliki cerita di baliknya dan setiap cerita menciptakan nilai yang membuatnya mahal. 

Ternyata sepatu-sepatu bersejarah ini justru tidak ada di rumah sang legenda. Michael Jordan tidak pernah menyimpannya. Malah, orang lain yang menyimpan dan memperjual belikan. Salah satunya melalui lelang. Inilah 5 sepatu Air Jordan termahal yang pernah dijual di rumah lelang. Mungkin kalian bakal kagum, bukan karena harganya, namun cerita di balik sepatu ini.

5. Air Jordan 11 Space Jam Sample - 2,5 miliar rupiah

Seperti namanya, sepatu ini tidak pernah dipakai oleh Michael Jordan. Namun ada tanda tangan sang legenda. Sepatu tersebut merupakan sample dari Air Jordan 11 Space Jam. Sepatu tersebut menjadi awal dari munculnya AJ 11 Space Jam yang laris setelah kemunculan filmnya. 

Tapi sepatu tersebut dijual dengan harga mahal baru-baru ini. Air Jordan 11 Space Jam Sample muncul di rumah lelang menjelang rilis Space Jam: A New Legacy yang dibintangi LeBron James. Space Jam menjadi film animasi basket paling sukses, yang menggabungkan pemain legendaris dengan tokoh kartun Looney Tunes. Sepatu ini terjuah seharga AS$176.400 atau setara dengan 2,5 miliar rupiah. 

4. Air Jordan 1 Chicago Broken Leg - 6,1 miliar rupiah

Pada bulan Oktober 1985, Michael Jordan mendapatkan cedera parah pertamanya di NBA. Saat itu, Jordan berhadapan dengan Golden State Warriors. Dia mengalami patah tulang kaki kiri, dan menyebabkan dirinya absen sepanjang musim. Saat itu, Jordan memakai Air Jordan 1 Chicago. 

Sepatu ini kemudian muncul di situs lelang awal tahun 2022 ini. Ada seorang kolektor yang selama ini menyimpan sepatu tersebut dan berniat menjualnya. Di luar dugaan, sepatu tersebut malah terjual dengan harga yang fantastis, yaitu AS$422.000 atau sekitar 6,1 miliar rupiah. 

3. Air Jordan 1 Chicago (Dipakai dan Ditandatangani Michael Jordan) - 8,1 miliar rupiah

Pada tahun 2020, rekor sepatu termahal yang pernah dilelang adalah Nike Waffle Moon Shoes. Tetapi ketika sepatu ini terjual, maka rekor tersebut pecah. Ternyata sepatu yang berhasil memecahkan rekor sebagai sepatu termahal dalam lelang adalah Air Jordan 1 Chicago. Istimewanya, sepatu tersebut sudah pernah dipakai dalam pertandingan dan ditandatangani Michael Jordan sendiri. 

Air Jordan 1 bukan hanya dikenal sebagai sepatu basket revolusioner pada masanya. Namun berhasil menjadi ikon budaya. Desainnya masih relevan sampai sekarang. Tapi yang tidak bisa diulang adalah momen-momen bersejarah bersama pemakainya. Oleh karena itu, Air Jordan 1 Chicago yang dipakai dan ditandatangani menjadi lebih mahal dari sepatu lainnya.

2. Air Jordan 1 Chicago Shattered Backboard - 8,9 miliar rupiah

Cerita ini mungkin jarang kalian dengar. Karena kisahnya tidak terjadi di NBA. Tapi karena sneakers tersebut menjadi bagian dari peristiwa tersebut, maka harganya jadi lebih mahal saat masuk situs lelang. 

Peristiwa tersebut dikenal dengan "Michael Jordan Shattered Backboard". Pada 25 Agustus 1985, Michael Jordan mengikuti pertandingan eksibisi yang diadakan Nike di Trieste, Italia. Jordan kala itu mencetak 30 poin dan menghancurkan papan dengan slam dunk. Peristiwa tersebut membuat salah satu pemain lawan terluka karena pecahan kaca. Sementara, Jordan sendiri sempat menginjak pecahan kaca yang menempel di sepatunya. 

Pada tahun 2015, Jordan Brand membuat replika Air Jordan 1 Shattered Backboard, untuk memperingati peristiwa tersebut. Harganya cukup fantastis, yaitu AS$1.500 atau setara 21,9 juta per pasang. Namun sampai tahun 2020, tidak ada yang tahu keberadaan sepatu aslinya. 

Sampai pada tahun 2021, tiba-tiba Heritage Auction melelang Air Jordan 1 Shattered Backboard asli. Masih ada pecahan kaca yang tertanam di bagian bawah sepatu tersebut. Ternyata sepatu asli ini terjual sehaga AS$610.000 atau setara dengan 8,9 miliar rupiah. 

1. Air Jordan 1 Chicago Dunk Sole - 14,7 miliar rupiah

Air Jordan 1 Chicago Dunk Sole bukan sepatu yang dijual bebas. Karena sol bagian bawah dimodifikasi sedemikian rupa oleh Nike untuk kepentingan Michael Jordan sendiri. Saat itu, sang legenda sembuh dari cedera pergelangan kaki pada tahun 1985. Tetapi dia merasa tidak nyaman dengan Air Jordan 1 miliknya. 

Nike berusaha keras agar Michael Jordan tidak ganti sepatu. Akhirnya mereka memodifikasi sepatu Air Jordan 1 Chicago. Hanya beberapa sepatu dengan status prototipe yang dibuat. Salah satunya dilelang pada bulan Februari 2022, dengan harga AS$1.012.500 atau seharga 14,7 juta rupiah. Ini merupakan sepatu Air Jordan termahal yang pernah dilelang. (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Nike AJ "Chicago", Signature Shoes Pertama Michael Jordan Dilelang Online

Lifestyle
Penawaran Lelang Air Jordan Edisi Perdana "Chicago" Sudah Pecahkan Rekor

Lifestyle
Di 2020, Gen Z Salip Milenial Dalam Hal Sneakerhead