Lifestyle

5 Cara Menghadapi Pertanyaan yang Menyinggung Perasaan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 25th 2022

Ada kalanya kita menghadapi sederet pertanyaan dari orang-orang kepo yang gak peka sama perasaan kita. Nah, simak beberapa tips berikut buat menghadapi pertanyaan sulit itu seperti yang dilansir Psychology Today.

Agak cuek

Pas ditanya, “Kapan lulus?” atau kapan-kapan lainnya, kamu bisa jawab singkat. “Doakan saja ya,” atau “Terima kasih sudah tanya, tapi masih belum ada jawaban nih,” atau “Aku bakal beritahu kalau aku sendiri sudah tahu.” Setelah mengucapkan hal tadi, kalau bisa langsung kasih senyuman terus agak menjauh.

Membalikkan pertanyaan

Pas ditanya tentang hal privat, coba tanya hal privat lainnya tentang orang tersebut. Entah itu gaji, hubungan romantis, dan lain-lain. Harapannya sih si penanya jawab, “Itu kan privasi.” Dari situ kita bisa bilang, “Sama deh, [pertanyaan sebelumnya] juga privasi.”

Mengalihkan pembicaraan

Ini trik yang harus dipelajari banget nih. Misal kita ditanya, “Sudah punya pacar?” Kita bisa jawab dengan, “Belum, lagi sibuk sama [hal yang bisa dibanggakan dari kamu] nih.” Harapannya si penanya bisa beralih bertanya tentang hal yang kita arahkan tadi deh.

Agak mengalihkan pembicaraan

Misal kita ditanya naik berapa kilo selama pandemi. Kita bisa agak mengalihkan fokusnya menjauh dari kita. “Kamu tahu gak rata-rata kenaikan berat badan di Indonesia? Wah, kayaknya pada banyak minum dalgona sama makan seblak instan TikTok semua nih. Wah, harus mulai jaga pola makan nih.”

Beneran?

Kalau ada yang menanyakan hal sensitif dan kamu malas buat jawab, coba deh format ini. “Beneran kamu tanya aku IPK-ku bagus atau enggak? Beneran? Beneran?” Kalau penanya masih menanggapi, jawab lagi dengan, “Beneran?” Harapannya sih mereka stop bertanya, tapi kalau enggak, kamu bisa menyatakan dengan jelas, “Itu personal banget,” atau “Itu sensitif banget,” atau “Itu menyakitkan banget.” Kalau masih direspons, izinkan diri kita buat stop menjawab dan pergi.

Nah, itu dia beberapa cara menanggapi pertanyaan sulit yang tujuannya menyinggung. Semoga membantu~ (*)

Gambar: storyset/Freepik

Related Articles
Lifestyle
Cara Super Simpel Biar Lebih Produktif agar Tugas Selesai Lebih Cepat!

Lifestyle
5 Hal Terkait Emosi yang Harus Kalian Hindari buat Menjaga Hubungan

Lifestyle
5 Tips Menghadapi Kekecewaan, Atur Ekspektasi dan Jangan Salahkan Diri Sendiri