Entertainment

TikTok Bikin Musik Zaman Sekarang Hanya Fokus Jadi Viral, Benar Nggak sih?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 25th 2022

TikTok berhasil jadi platform yang benar-benar mendunia dan merebut banyak pengguna. Banyak banget dampak yang dihasilkan dari meledaknya platform ini, salah satunya kemampuan untuk membuat sebuah lagu jadi viral.

Di TikTok, kita sering mendengar cuplikan audio dari suatu lagu atau momen bisa meledak banget karena tren TikTok. Entah itu POV, dance, curhat, dan lain-lain, TikTok memang berhasil bikin format marketing jadi makin beragam.

Misalnya lagu Sway dari Michael Bublé yang dirilis pada 2003 lalu. Lagu itu jadi trending di TikTok berkat tren transisi penampilan dari yang biasa aja jadi kece badai. Past pernah dengar dong lagu, “When marimba rhythms start to play / Dance with me / Make me sway.”

Nah, belakangan ini beberapa artis mulai speak up tentang tuntutan label musik mereka yang mengharuskan mereka buat viral di TikTok. Hal tersebut dianggap sebagai cara buat sukses di industri musik saat ini.

Halsey jadi salah satu yang mengungkapkan pendapatnya. Beberapa hari lalu, penyanyi satu ini mengungkapkan bahwa label musiknya menahan peluncuran lagu barunya sampai mereka bisa membuat momen viral palsu di TikTok. Biar lagunya jadi tren dulu gitu, baru deh dirilis.

FKA Twigs, Charli XCX, Florence Welch, juga sempat mengunggah TikTok dengan nada serupa. Mereka sama-sama mengungkapkan bahwa mereka diminta buat video TikTok oleh label musik mereka.

Di satu sisi, TikTok memang membantu banget marketing dari seorang artis. Segalanya bisa dengan mudah viral di TikTok. Tentu ini akan membantu seorang artis bisa lebih dikenal dan mendapat pemasukan lebih dari stream, jual merchandise, atau konser.

Namun, di sisi lain, kita gak pernah tahu detail internal label musik seorang artis. Kalau memang memakai TikTok sekadar buat marketing sih masih oke. Nah, gak menutup kemungkinan beberapa artis juga diminta untuk membuat lagu yang “TikTok friendly” biar bisa viral dan cepat dapat engangement. Ini nih yang disayangkan. Well, semoga artis-artis tadi bisa tetap bebas berekspresi ya.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Ada Olivia Rodrigo di Tren TikTok Viral “I Didn’t Order a Glass of Your Opinion”

Entertainment
Halsey Ungkap Labelnya Gak Akan Merilis Lagunya Kalau Gak Viral di TikTok

Tech
TikTok Bisa Akses Semua Lagu Universal Music Group, Kebalikan dari Triller