Interest

Gokil, 3 Pesepeda Asal Indonesia Ini Gowes Ke Makkah untuk Tunaikan Ibadah Haji

Dwiwa

Posted on May 25th 2022

Orang-orang yang ingin melaksanakan ibadah haji biasanya menggunakan pesawat terbang untuk berangkat dari Indonesia. Tetapi berbeda cerita dengan tiga pemuda asal Indonesia ini. Mereka memilih bersepeda untuk menuju Makkah

Mengutip keterangan KBRI Bangkok, ketiga warga Indonesia itu adalah Andi Harvin (27), Chairul Ma'atini (27), dan Muhammad Fauzan (28). Pada Jumat (20 Mei 2022), ketiganya singgah di KBRI Bangkok dalam perjalanannya menuju Makkah.

Mereka diterima di pintu gerbang KBRI Bangkok oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman bersama sejumlah pejabat KBRI Bangkok dan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.

Ketiga pesepeda Indonesia tersebut pun membagikan kisah perjalanannya. Mereka mengungkapkan jika memasuki wilayah Thailand dari jalur Thailand selatan dengan jarak tempuh harian bersepeda rata-rata 50 km/hari, kecuali pada malam menjelang ketibaan di Bangkok jarak yang di tempuh adalah 190 km/hari.

Ketiga pemuda asal Indonesia ini rupanya memiliki kampung halaman yang berbeda. Andi Harvin dan Chairul berasal dari Gorontalo dan telah memulai perjalanan sejak Juni tahun lalu. Sementara Fauzan yang berasal dari Magelang baru bergabung sejak November 2021. Ketiganya telah melintasi Malaysia sejak 27 April 2022 dan satu bulan sebelumnya berada di Singapura.

Saat berdialog dengan Dubes Rachmat, tiga pemuda ini menuturkan keinginannya untuk dapat tiba di Makkah guna menunaikan ibadah haji. Sebelum dan selama perjalanan, mereka selalu berkomunikasi dengan komunitas sepeda di negara setempat juga koordinasi dengan rekan-rekan mereka di tanah air mengenai rute perjalanan dan pengurusan dokumen perjalanan.

Melakukan perjalanan ke Makkah dengan sepeda memang bukan perkara mudah. Selain karena tenaga yang perlu dikeluarkan cukup banyak, jarak yang ditempuh dalam perjalanan ini terbilang cukup jauh, yakni menempuh lebih dari 12 ribu kilometer.

Karena itu, Dubes Rachmat menekankan kepada mereka tentang pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental selama perjalanan. Selain itu, persiapan perjalanan juga harus baik termasuk penguasaan medan tempuh agar perjalanan dapat berjalan lancar. Di samping itu juga ditekankan pentingnya memastikan kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan agar perjalanan lintas negara berjalan dengan lancar.

Tim pesepeda ini berencana akan berada di Bangkok selama 1 minggu untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Myanmar dan India. Selama berada di Bangkok, tim akan melakukan berbagai kegiatan dengan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.

Rencananya, setelah dari Bangkok, tiga pesepeda tersebut akan melanjutkan perjalanan melintasi Myanmar, India, Pakistan, sampai nantinya tiba di Arab Saudi khususnya Makkah.(*)

Foto: KBRI Thailand via Kemlu

Related Articles
Interest
Alhamdulillah, Kuota Jemaah Haji Tahun Ini Bertambah Jadi 1 Juta

Interest
5 Destinasi Wisata yang Paling Sering Dikunjungi di Asia Tenggara

Interest
Awas Kalap Belanja di Bangkok!