Tech

Apple Tingkatkan Kamera Selfie untuk iPhone 14

Jingga Irawan

Posted on May 24th 2022

Kamera selfie iPhone 14 menjadi prioritas utama Apple, menurut laporan terbaru. iPhone 14 adalah salah satu model yang paling dinanti karena diharapkan membawa perubahan desain besar sejak rilis iPhone X.

Kamera depan iPhone adalah salah satu komponen utama yang ingin ditingkatkan Apple. Kamera selfie iPhone 13 generasi saat ini menggunakan sensor 12MP yang memiliki fokus tetap dan aperture f/2.2.

Apple awalnya memperkenalkan kamera selfie 12MP pada 2019 dengan seri iPhone 11. Sejak itu, kamera selfie pada semua model iPhone tetap sama. Tetapi akan berubah pada iPhone 14 nanti.

Apple baru-baru ini mengakhiri kemitraannya dengan pemasok Tiongkok dan bekerja sama dengan LG Innotek demi membuat lensa berkualitas tinggi untuk kamera selfie iPhone 14.

Menurut sebuah laporan oleh ET News, Apple telah mengklasifikasi ulang kamera selfie iPhone 14 dari komponen 'low-end' menjadi 'high-end'.

Lensa iPhone yang menghadap ke depan biasanya berharga sepertiga dari kamera belakang. Namun, dengan klasifikasi ulang komponen internal, biayanya akan sama dengan biaya kamera belakang, klaim laporan itu.

Menurut sumber tersebut, pemasok suku cadang Tiongkok dan produsen elektronik Jepang, Sharp, adalah mitra rantai pasokan awal Apple.

Meskipun Apple mengakhiri pemasok Tiongkok demi raksasa Korea Selatan LG Innotek, perusahaan masih mempertahankan kemitraannya dengan Sharp. Rupanya, Apple berniat bermitra dengan LG untuk kamera selfie iPhone 15 tetapi memajukan rencananya.

Sejalan dengan laporan yang baru-baru ini ditulis oleh analis Apple Ming-Chi Kuo, peningkatan spesifikasi besar untuk kamera selfie iPhone 14 akan segera hadir.

Analis juga mengklaim bahwa Apple kemungkinan akan melengkapi semua model iPhone 14 yang akan datang dengan autofokus dan aperture f/1.9 yang relatif lebih besar.

Pembaruan semacam itu akan meningkatkan kedalaman bidang dalam foto yang diambil dengan kamera depan iPhone 14.

Kedalaman bidang yang lebih baik akan meningkatkan mode potret dalam selfie dan fokus otomatis dapat secara nyata meningkatkan kualitas FaceTime serta panggilan video.

Apertur yang lebih besar juga memudahkan lebih banyak cahaya masuk lensa iPhone, sehingga foto akan berkualitas lebih baik secara keseluruhan.

Di luar itu semua, laporan lain baru-baru ini mengklaim Apple ingin meningkatkan produksi di luar Tiongkok untuk membantu meringankan potensi masalah rantai pasokan.(*)

Artikel Terkait
Tech
Apple Dikabarkan Kembangkan HomePod Berkamera

Tech
Awas! Getaran Tinggi Sepeda Motor Bisa Merusak Kamera iPhone

Tech
Bocoran Seri iPhone 14, Versi Pro Bakal Dilengkapi Kamera 48MP