Sport

Raih Posisi Ketiga di SEA Games, Indonesia Boyong 69 Emas, 91 Perak, 81 Perunggu

Dwiwa

Posted on May 23rd 2022

Sejumlah pebola voli putra Tim Nasional Indonesia memberi hormat kepada bendera Merah Putih saat Upacara Penghormatan Pemenang nomor bola voli putra SEA Games Vietnam 2021 di Hoa Binh Gymnastic and Sport Center, Vietnam, Minggu (22 Mei 2022).

 

Perhelatan akbar SEA Games 2021 Vietnam telah usai pada Minggu, 22 Mei 2022. Di kompetisi olahraga tingkat Asia Tenggara ini kontingen Indonesia berhasil pulang membawa 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Hasil ini disebut telah sesuai dengan harapan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

Dilansir Antara, posisi Indonesia ini berada di bawah tuan rumah Vietnam di posisi puncak dan Thailand di posisi dua. Meski begitu, hasil yang didapat kali ini tetap lebih baik dibanding SEA Games Filipina yang hanya finis keempat dan dua kejuaraan sebelumnya di posisi lima.

Dalam SEA Games Vietnam kali ini, ada 32 cabang olahraga yang diikuti oleh Indonesia. Beberapa cabang olahraga mungkin tidak bisa menyumbang medali sesuai dengan target. Namun beberapa lainnya justru berhasil membuat kejutan.

Kejutan itu berhasil dibuat oleh para atlet, terutama dari cabang olahraga Olimpiade seperti rowing, kano, menembak, dan panahan. Cabang olahraga ini berhasil menjadi lumbung emas bagi kontingen Indonesia.

Kejutan juga dibuat oleh dua atlet muda Indonesia di cabang olahraga renang. Masniari Wolf (16 tahun) dan Flairene Candrea (17 tahun) berhasil meraih emas saat menjalani debut dan memutus paceklik emas dari atlet renang putri Indonesia.

Tim basket putra pun berhasil membuat kejutan manis. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Timnas Indonesia berhasil meraih emas di cabang olahraga basket putra di ajang SEA Games. Dalam pertandingan final mereka berhasil mengalahkan Filipina yang selama ini menguasai podium selama 13 kali di ajang dua tahunan tersebut. (*)

 

Selamat ya untuk para atlet. Terima kasih telah berjuang untuk Indonesia!

 

Foto: ANTARA FOTO/Arsakha/app/wsj

Related Articles
Sport
Empat Alasan Olahraga di Mall Lebih Seru  

Interest
DBL Play Rilis Teaser Komik Basket

Sport
Sitha Marino: Warga Negara Italia yang Ingin Membela Timnas Indonesia