Tech

Apple Dirumorkan Luncurkan Headset AR/VR

Jingga Irawan

Posted on May 23rd 2022

Apple dikabarkan sudah mendemonstrasikan headset VR/AR terbarunya di hadapan dewan direksi. Produk seperti itu memang telah lama digosipkan dan kabarnya sudah dikembangkan di Apple sejak 2015.

Belum diketahui detail fitur-fiturnya. Mungkin butuh berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan beberapa tahun agar headset Apple rilis, tetapi kesimpulannya, perangkat itu memang ada.

Analis Ming-Chi Kuo sempat memprediksi bahwa headset VR/AR Apple akan rilis pada akhir 2022 dengan dukungan Wi-Fi 6 dan 6E. Prediksi itu dikuatkan oleh laporan sebelumnya kalau headset Apple mungkin akan muncul pada 2022, sementara kacamata pintar akan diluncurkan sekitar 2025, dan lensa kontak AR setelahnya.

Laporan dari Bloomberg terbaru mengatakan Apple dapat memadukan AR dan VR dalam waktu dekat, membuat semacam headset AR/VR kelas atas yang mirip Quest 2, tetapi lebih canggih.

Bloomberg juga menyebut headset ini fokus pada game, media, dan komunikasi. Dalam hal komunikasi, headset bisa digunakan untuk FaceTime dengan Memojis dan SharePlay. Artinya, alih-alih melihat orang yang kalian ajak bicara, kalian akan melihat versi 3D dari avatar Memoji pribadi mereka.

Apple mungkin juga memiliki rencana besar untuk headset tersebut. "Tujuan perusahaan adalah mengganti iPhone‌ dengan AR dalam 10 tahun," jelas Kuo dalam sebuah catatan kepada investor, yang dilaporkan oleh MacRumors. Perangkat memiliki berat sekitar 300-400 gram. Jika akurat, perangkat itu akan lebih ringan dari Oculus Quest 2 Meta.

Menurut laporan dari The Information tahun lalu, harganya bisa sangat mahal. Mungkin sekitar USD 3.000 atau lebih, dengan layar 8K, pelacakan mata, kamera yang dapat memindai dunia nyata dan memadukan AR serta VR bersama-sama.

Headset ini diharapkan menggunakan prosesor M1 Apple dan bekerja sebagai perangkat yang berdiri sendiri. Tanpa alat bantu atau controller. Tapi diharapkan bisa terhubung dengan perangkat Apple lainnya.

Tanggal peluncuran 2022 atau 2023?

Produk baru Apple cenderung diumumkan beberapa bulan sebelum mereka dikirimkan, bahkan mungkin lebih. IPhone, Apple Watch, HomePod, dan iPad semuanya juga begini.

Sebuah laporan dari The Information pada 2019 yang didasarkan materi presentasi Apple yang diklaim bocor, perusahaan diduga akan meluncurkan perangkat headset pada 2022, dan kacamata pada 2023.

Peluncuran 2022 akan sejalan dengan laporan baru dari DigiTimes, yang ditemukan MacRumors. Laporan itu mengatakan Apple dapat mulai memproduksi headset secara massal pada Agustus atau September dan diluncurkan akhir tahun ini.

Apple pasti akan memberikan informasi tentang perangkat kerasnya jauh sebelum tanggal rilis yang sebenarnya. Mungkin nanti di WWDC.(*)

Related Articles
Tech
Google Bikin Headset AR, Kabarnya Dirilis pada 2024

Tech
Apple Tak Peduli Metaverse, Lebih Penting Headset Mixed Reality

Tech
Facebook Bakal Habiskan Dana Rp 142 Triliun Untuk Divisi Metaverse