Current Issues

Benarkah Adenovirus Jadi Penyebab Hepatitis Akut Misterius?

Dwiwa

Posted on May 22nd 2022

Penyabab pasti infeksi hepatitis akur misterius yang menyerang anak-anak di sejumlah negara masih belum diketahui. Tetapi menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), adenovirus, virus masa kanak-kanak yang umum, menjadi hipotesis utama untuk kasus hepatitis parah baru-baru ini.

Dilansir Reuters, CDC mengatakan pihaknya terus menyelidiki apakah 180 kasus yang diidentifikasi di 36 negara bagian dan teritori sejak Oktober lalu menunjukkan peningkatan tingkat hepatitis pediatrik atau apakah pola yang ada telah terungkap melalui peningkatan deteksi.

Badan tersebut pada April lalu mengeluarkan peringatan nasional bagi dokter untuk mewaspadai anak-anak dengan hepatitis, yang dapat menyebabkan kerusakan hati dan menyebabkan gagal hati.

Dr Jay Butler, wakil direktur CDC untuk penyakit menular, mengatakan bahwa sekitar setengah dari anak-anak yang didiagnosis dalam beberapa bulan terakhir juga terinfeksi dengan jenis adenovirus, virus yang menyebabkan flu biasa. Meski begitu, badan tersebut masih menyelidiki penyebab pasti penyakit tersebut.

“Bukti semakin bertambah bahwa ada peran adenovirus, khususnya adenovirus-41,” katanya.

Butler mengungkapkan satu teori. Menurutnya, langkah-langkah mitigasi pandemi mungkin membatasi paparan adenovirus. Namun seiring pelonggaran pembatasan, infeksi mulai bertambah.

Hepatitis yang terkait dengan jenis adenovirus-41 yang secara khusus dikaitkan dengan anak-anak yang memiliki gangguan kekebalan. Tetapi banyak kasus yang pertama kali dilaporkan ke CDC tidak memiliki kondisi seperti itu.

Selain adenovirus, CDC juga sedang menyelidiki apakah infeksi Covid mungkin berperan, serta patogen, obat-obatan, dan faktor risiko lainnya.

Namun demikian, sampai saat ini badan tersebut mengatakan belum melihat peningkatan keseluruhan dalam kasus hepatitis parah pada anak-anak. Kasus ini masih tergolong jarang. (*) 

 

Foto: Pixabay

Related Articles
Current Issues
Masih Menjadi Misteri, Ini 6 Dugaan Penyebab Hepatitis Akut

Current Issues
Peneliti Jepang Curiga Ada Hubungan Varian Omicron dan Hepatitis Anak

Interest
Bukan Hanya Covid-19, FKUI Sebut Ada Banyak Penyakit yang Harus Diwaspadai