Esports

Matikan Pergerakan “Alberttt”, Filipina Boyong Medali Emas

Dika Afandi N

Posted on May 20th 2022

Timnas Mobile Legends Indonesia kembali menelan pahit. Untuk kedua kalinya, Timnas Indonesia gagal membawa pulang medali emas SEA Games 2021 cabang esports kategori game Mobile Legends ke tanah air karena kalah atas Filipina di grand final dengan skor 3-1 pada Jumat, 20 Mei 2022.

Filipina sukses menumpas Indonesia karena berhasil mematikan pergerakan “Alberttt”. Jungler andalan milik RRQ Hoshi sama sekali tak bisa berbuat banyak di grand final kali ini. Alhasil, Indonesia harus puas membawa pulang medali perak.

“OHMYV33NUS” benar-benar tampil luar biasa sehingga membuat “Alberttt” kewalahan. Selain itu, hero-hero milik “Alberttt” yang dominan menggunakan assassin pun di-ban oleh Filipina.

Saat ini, meta Mobile Legends tengah ramai menggunakan jungler dengan hero-hero tebal seperti tank ataupun fighter. Meta tersebut sangat menguntungkan untuk “Wise”, jungler dari Filipina yang kerap menggunakan hero dengan dua role itu. Sebaliknya, ini bukan favorit “Alberttt”.

Pada empat game yang dilakoni Timnas Indonesia, “Alberttt” hanya sekali menggunakan assassin yakni hero Karina pada game kedua yang dimenangkan oleh timnas Garuda. Sisanya, pemain asal pulau Dewata itu dipaksa bermain dengan hero Akai dan Baxia, yang mana terbukti hasilnya tak maksimal.

“Alberttt” bisa dikatakan sangat jarang menggunakan hero tank ataupun fighter untuk diplot sebagai jungler. Sebab, meta yang digunakan RRQ Hoshi masih menggunakan meta lama yang dominan hero jungler adalah hero empuk seperti assassin ataupun marksman.

Melihat kelemahan itu, jungler Filipina, “Wise” pun dengan leluasa melakukan rotasi dan mampu membuat gameplay Filipina berkembang. 3 lane pun sukses dikuasai.

Selain itu, ini juga menjadi catatan penting untuk “Alberttt”. Ia harus kembali memperluas pool hero-nya, terutama dengan hero yang ber-role tank ataupun fighter. Hal tersebut, agar “Alberttt” bisa adaptasi dengan meta yang saat ini populer di Land of Dawn.

Perlu diketahui pada SEA Games 2019, Indonesia juga harus takluk atas Filipina. Kala itu, Filipina diperkuat pemain bintang. Berbeda dengan saat ini. Mereka hanya menurunkan tiga pemain top Blacklist International ditambah dua pemain hasil seleksi instan.

Hal tersebut lantaran “OHEB” dan Edward tak bisa mengikuti SEA Games 2021 karena masih di bawah 18 tahun. Namun, dua pemain seleksi yakni “Dominic” dan “Owl” mampu tampil gemilang dan menjawab semua tantangan yang diberikan kepada keduanya. (*)

Foto: Official SEA Games 2021

Related Articles
Esports
Filipina Jadi Kiblat Meta MLBB? Begini Tanggapan RRQ Lemon

Esports
Ini Deretan Calon Pelatih Timnas Esports Indonesia untuk SEA Games 2021

Esports
Resmi! Inilah 8 Game yang Dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam