Tech

TikTok Tambahkan Fitur Game di Aplikasi, Lakukan Uji Coba di Vietnam

Jingga Irawan

Posted on May 20th 2022

TikTok saat ini menguji coba game dalam aplikasi di Vietnam. Menurut empat sumber anonim yang dikutip Reuters, uji coba tersebut merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk terjun ke dalam bisnis game.

Menambahkan game diharapkan bisa meningkatkan pendapatan iklan serta jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di aplikasi. Pasalnya, TikTok merupakan satu aplikasi paling populer di dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Memiliki populasi yang paham teknologi dengan 70 persen warganya berusia di bawah 35 tahun, Vietnam adalah pasar yang menarik untuk platform media sosial seperti TikTok, Facebook Meta Platform Inc dan Google.

Seorang sumber mengatakan, TikTok, anak perusahaan oleh ByteDance Tiongkok, juga berencana untuk meluncurkan game lebih luas di Asia Tenggara. Langkah itu kemungkinan terjadi pada pertengahan tahun.

Seorang perwakilan TikTok mengatakan perusahaan telah melakukan uji coba dengan membawa game HTML5. Itu merupakan sebutan dari minigame. Permainan ringan tersebut di sertakan ke aplikasi melalui kerja sama dengan pengembang dan studio game pihak ketiga seperti Zynga Inc.

"Kami selalu mencari cara untuk memperkaya platform kami dan secara teratur menguji fitur dan integrasi baru yang membawa nilai bagi komunitas kami," kata perwakilan perusahaan dalam sebuah pernyataan melalui email kepada Reuters.

Di Amerika Serikat, hanya beberapa game yang tampaknya telah diluncurkan, salah satunya Disco Loco 3D milik Zynga, yakni game tentang tantangan musik dan tarian. Ada juga Garden of Good, di mana pemain bisa menanam sayuran untuk turut menyumbang donasi TikTok ke organisasi nirlaba Feeding America.

Seorang sumber menjelaskan, meskipun perusahaan memulai dengan membawa minigame, yang cenderung memiliki mekanisme permainan sederhana dan waktu bermain yang singkat, ambisi untuk terjun ke dunia game lebih besar dari itu.

Sementara itu, pengguna Douyin, TikTok versi Tiongkok, sudah bisa memainkan game di platform tersebut sejak 2019.

Lebih penting lagi, game TikTok kemungkinan akan menyertakan iklan, dengan pembagian keuntungan antara ByteDance dan pengembang game.

Masuknya TikTok ke dalam game mencerminkan langkah serupa yang dilakukan oleh perusahaan teknologi besar untuk mempertahankan pengguna. Facebook meluncurkan Game Instan pada tahun 2016 dan perusahaan streaming Netflix juga baru-baru ini menambahkan game ke platformnya.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
TikTok Perluas Uji Coba Mini Game ke Aplikasinya, Ada 9 Koleksi Lho!

Current Issues
TikTok Menghapus Hampir 62 Juta Video, Plus 7 Juta Akun di Bawah Umur

Tech
Spotify Uji Feed Video Pendek, Sengaja Mirip TikTok?