Lifestyle

5 Tips Menghargai Emosi Tanpa Merasa Kewalahan, Biar Hidup Makin Tenang

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 19th 2022

Namanya hidup pasti ada kalanya kita merasakan emosi. Kalau emosi positif sih selalu dinantikan, tapi bagaimana dengan yang negatif? Nah, simak beberapa tips berikut untuk menghargai emosi apa pun seperti yang dilansir Psychology Today.

Perbanyak kosa kata tentang emosi

Kita akan bisa lebih memahami emosi kita jika kita tahu kata yang benar-benar pas dengan apa yang kita rasakan. Misalnya marah. Jenisnya bisa jengkel, cemburu, sebal, benci, dan banyak lagi. Takut juga banyak mulai dari ngeri, cemas, malu, dan lain-lain. Kamu bisa ambil referensi dari tabel yang dirangkum oleh Wahyu Widhiarso ini.

Rasakan emosi

Beberapa dari kita punya kecenderungan untuk menghindari emosi dengan menjejalkan banyak aktivitas di agenda harian kita. Nah, ketika kita merasakan emosi yang kuat, jangan sengaja menyepelekannya, tapi ambil waktu buat merasakannya.

Saat emosi muncul dalam bentuk sensasi tubuh seperti leher menegang, katakan dalam hati “indera”. Kalau muncul dalam bentuk pikiran, sebut “pikiran”. Kalau muncul dalam bentuk perasaan, sebut “perasaan.”

Single-task

Mungkin kita lebih sering dengar istilah multi-tasking daripada single-tasking. Namun, sebenarnya multi-tasking ini gak sehat buat kita. Terkadang kita sengaja menjejalkan banyak kegiatan dalam satu waktu agar kita tidak merasakan emosi yang ingin dihindari.

Pas emosi tersebut mulai masuk, kita langsung mengalihkannya dengan mengerjakan sesuatu. Ini juga berlaku saat kita lagi kosong dan berusaha mengalihkan pikiran dengan scrolling ponsel. Nah, sebaiknya fokus ke satu hal dan biarkan perasaan itu hadir karena menghindari emosi gak akan menyelesaikan masalah.

Sadari kemunculan emosi negatif

Kalau ada bayi menangis, orang tuanya pasti langsung datang menenangkan. Masalahnya sekarang kita bukan bayi. Kalau kita merasakan emosi negatif, belum tentu ada yang langsung memberi tanggapan, termasuk diri kita sendiri.

Akhirnya secara gak sadar kita jadi menghindari emosi. Nah, kita perlu menyadari kehadiran emosi negatif. Kita bisa melakukannya dengan menyebut nama emosi tersebut dalam hati, cari penyebabnya, lalu susun tindak lanjutnya.

Mengajar

Pernah dengar istilah, “cara terbaik belajar adalah mengajar?” Nah, ini juga berlaku buat emosi. Kamu bisa bergabung dengan support group untuk berbagi pengalaman dan memberi saran. Ketika kita memberi informasi pada orang lain, mau gak mau kita paham sama apa yang kita bicarakan. Kalau rutin berbicara tentang emosi, tentu kita akan makin paham.

Nah, itu dia beberapa tips menghargai emosi. Kalau kamu merasa struggling dengan emosi tertentu sampai mengganggu keseharianmu, gak ada salahnya buat konsultasi ke tenaga profesional kok. (*)

 

Gambar: storyset/Freepik

Related Articles
Lifestyle
6 Cara Seseorang Menghindari Emosi, Gak Sadar Sering Dilakukan

Lifestyle
5 Hal Terkait Emosi yang Harus Kalian Hindari buat Menjaga Hubungan

Lifestyle
7 Kebiasaan yang Secara Gak Sadar Dijadikan Cara Menyembunyikan Emosi