Lifestyle

Studi Tidak Temukan Manfaat Diet Puasa Intermiten, Masihkah Boleh Dilakukan?

Dwiwa

Posted on May 19th 2022

Ada yang pernah mencoba melakukan diet intermittent fasting atau makan bebas dengan batasan waktu 6 sampai 8 jam sehari? Meski disebut sebagai salah satu ide penurunan berat badan yang efektif, ternyata sebuah studi baru mengatakan jika diet ini mungkin tidak memiliki manfaat sebesar itu.

Dilansir Japan Times, sebuah penelitian selama satu tahun terhadap orang yang mengikuti diet rendah kalori antara jam 8 pagi dan 4 sore atau mengonsumsi jumlah kalori yang sama kapan saja di siang hari gagal menemukan efeknya.

“Tidak ada manfaat makan di periode waktu yang dibatasi,” ujar Dr. Ethan Weiss, peneliti diet di University of California, San Francisco terkait inti temuan ini.

Menurut The New York Times, studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada bulan April, dipimpin oleh para peneliti di Southern Medical University di Guangzhou, Tiongkok, dan melibatkan 139 orang dengan obesitas.

Dalam studi tersebut, perempuan makan 1.200 hingga 1.500 kalori sehari, dan pria mengonsumsi 1.500 hingga 1.800 kalori setiap hari. Untuk memastikan kepatuhan, peserta diminta untuk memotret setiap potongan makanan yang mereka makan dan membuat buku harian makanan.

Kedua kelompok kehilangan berat badan - rata-rata sekitar 6 hingga 8 kilogram - tetapi tidak ada perbedaan yang signifikan dalam jumlah penurunan berat badan di antara dua strategi diet. Selain itu juga tidak ada perbedaan yang signifikan pada ukuran lingkar pinggang, lemak tubuh dan massa tubuh tanpa lemak pada kedua kelompok.

Para ilmuwan juga tidak menemukan perbedaan dalam faktor risiko seperti kadar glukosa darah, sensitivitas terhadap insulin, lipid darah atau tekanan darah.

“Hasil ini menunjukkan bahwa pembatasan asupan kalori menjelaskan sebagian besar efek menguntungkan yang terlihat pada rejimen makan yang dibatasi waktu,” Weiss dan rekan-rekannya menyimpulkan.

Studi baru ini bukan yang pertama menguji makan dengan batasan waktu, tetapi studi sebelumnya seringkali lebih kecil, durasinya lebih pendek dan tanpa kelompok kontrol. Penelitian itu cenderung menyimpulkan bahwa orang kehilangan berat badan berkat makan hanya selama periode waktu terbatas di siang hari.

Weiss dulunya sangat percaya pada makan yang dibatasi waktu dan mengatakan bahwa selama tujuh tahun dia hanya makan antara tengah hari dan jam 8 malam.

Dalam penelitian sebelumnya, ia dan rekan-rekannya meminta beberapa dari 116 peserta dewasa untuk makan tiga kali sehari, dengan camilan jika mereka lapar, dan yang lainnya diinstruksikan untuk makan apa pun yang mereka inginkan antara tengah hari dan jam 8 malam.

Peserta kehilangan sedikit berat badan – rata-rata 1 kg pada kelompok makan yang dibatasi waktu, dan 700 gram pada kelompok kontrol, perbedaan yang tidak signifikan secara statistik.

Weiss ingat bahwa dia hampir tidak bisa mempercayai hasilnya. Dia meminta ahli statistik untuk menganalisis data empat kali, sampai mereka mengatakan kepadanya bahwa pekerjaan lebih lanjut tidak akan mengubah hasilnya.

Eksperimen itu hanya berlangsung selama 12 minggu. Dan sepertinya, penelitian satu tahun pun gagal menemukan manfaat dari makan yang dibatasi waktu.

Christopher Gardner, direktur studi nutrisi di Stanford Prevention Research Center, mengatakan dia tidak akan terkejut jika makan yang dibatasi waktu tetap berhasil pada suatu kesempatan.

“Hampir setiap jenis diet di luar sana bekerja untuk beberapa orang,” katanya. "Tetapi kesimpulan yang didukung oleh penelitian baru ini adalah bahwa ketika dilakukan studi yang dirancang dan dilakukan dengan benar - penyelidikan ilmiah - itu tidak lebih membantu daripada sekadar mengurangi asupan kalori harian untuk menurunkan berat badan dan faktor kesehatan."

Para ahli diet mengatakan diet yang dibatasi waktu tidak mungkin hilang. Courtney Peterson, seorang peneliti di University of Alabama di Birmingham yang mempelajari makan dengan batasan waktu mengatakan jika mereka belum memiliki jawaban yang jelas tentang apakah strategi tersebut membantu orang menurunkan berat badan.

Dia menduga diet itu mungkin bermanfaat bagi orang-orang dengan membatasi jumlah kalori yang bisa mereka konsumsi setiap hari. “Kami hanya perlu melakukan studi yang lebih besar,” kata Peterson.

Louis J. Aronne, direktur Pusat Pengendalian Berat Komprehensif di Weill Cornell Medicine di New York, mengatakan bahwa, dalam pengalamannya, beberapa orang yang memiliki masalah dengan diet menghitung kalori lebih baik jika mereka disuruh makan hanya selama periode waktu yang terbatas setiap hari.

“Meskipun pendekatan itu belum terbukti lebih baik, tampaknya tidak lebih buruk daripada menghitung kalori,” katanya. "Ini memberi pasien lebih banyak pilihan untuk sukses." (*)

 

Foto: Pexel/Natalia Vaitkevitch

Artikel Terkait
Lifestyle
Awas, Diet Yo-Yo Berbahaya Bagi Kesehatan Loh

Lifestyle
Tak Perlu Ribet, Ini Cara Gampang Turunkan Berat Badan

Lifestyle
Diet Mediterania Jadi yang Terbaik di 2021, Apa Sih Kelebihannya