Tech

Samsung Galaxy Z Flip 4 Kabarnya Rilis Tahun Ini

Jingga Irawan

Posted on May 18th 2022

Samsung telah mengumumkan jajaran Galaxy S andalannya, bersama dengan penambahan smartphone kelas menengah Galaxy A tahun ini. Tetapi banyak pengguna masih menunggu pembaruan untuk jajaran Galaxy Z yang bisa dilipat.

Rumor telah beredar seputar Galaxy Z Flip 4. Tetapi, belum ada rumor pasti tanggal resmi peluncuran Samsung Galaxy Z Flip 4, meskipun diperkirakan akan diumumkan bersamaan dengan Galaxy Z Fold 4 pada Agustus 2022 atau September 2022.

Galaxy Z Flip 3 dan Z Fold 3 dirilis Agustus 2021 dan mulai dijual pada akhir Agustus 2021. Jadi, kemungkinan generasi selanjutnya akan mengambil tanggal serupa.

Soal harga, penggemar Samsung berharap Galaxy Z Flip 4 dibanderol hampir sama dengan pendahulunya, mulai dari USD 999 (Rp 14 juta) di AS. Ada desas-desus yang mengatakan perangkat tersebut akan memiliki potongan harga.

Desain Samsung Galaxy Z Flip tak banyak berubah sejak pertama kali diluncurkan kecuali tampilan sampul. Dikatakan akan ada beberapa perubahan kecil pada ukuran keseluruhan dan mungkin tampilan luar yang sedikit lebih besar, tetapi kemungkinan Galaxy Z Flip 4 akan terlihat mirip dengan Galaxy Z Flip 3.

Satu rumor memang mengklaim engselnya sedang didesain ulang, dan hasilnya Galaxy Z Flip 4 akan lebih ringan. Ada juga kabar soal fitur ketahanan air dan debu yang lebih baik.

Ada beberapa pembicaraan tentang tampilan sampul yang lebih besar ke Samsung Galaxy Z Flip 4, dengan desas-desus menunjukkan setidaknya 2 inci. Sementara itu, Galaxy Z Flip 3 memiliki layar penutup 1,9 inci dan layar utama 6,7 ​​inci saat dibuka.

Layar utama Galaxy Z Flip 3 menawarkan resolusi Full HD+, yang diharapkan juga hadir di Galaxy Z Flip 4 juga. Ponsel tersebut juga kabarnya memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, seperti kebanyakan smartphone unggulan yang telah diluncurkan pada tahun 2022, meskipun mungkin dapat memilih chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus.

Galaxy Z Flip 3 memiliki RAM 8GB dan pilihan penyimpanan 128GB dan 256GB sehingga kemungkinan Z Flip 4 akan menawarkan ukuran serupa. Ada juga kapasitas baterai 3300mAh, meskipun telah diklaim bahwa Galaxy Z Flip 4 dapat meningkat menjadi 3700mAh.

Berdasarkan laporan lain, sepertinya Galaxy Z Flip 4 akan tetap menggunakan sensor sidik jari fisik di dalam tombol daya. Namun sejauh ini belum ada rumor seputar kamera apa yang ada di Samsung Galaxy Z Flip 4.(*)

Related Articles
Tech
Galaxy Z Flip 4 Punya Lipatan Lebih Tak Terlihat dan Baterai Lebih Besar

Tech
Dulu Populer Banget, Sekarang OS BlackBerry Resmi Berhenti Beroperasi

Tech
Android Sering Terasa Sangat Panas? Ini Mungkin Penyebabnya