Current Issues

Kebijakan Masker Dilonggarkan, Dimana Saja Masker Boleh Dilepas?

Dwiwa

Posted on May 18th 2022

Setelah dua tahun kita diwajibkan untuk selalu memakai masker saat keluar rumah, akhirnya pemerintah melonggarkan kebijakan tersebut. Di sejumlah area tertentu, sekarang kita sudah diperbolehkan untuk tidak lagi memakai masker.

Dilansir covid19.go.id, hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (17/5).

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” ujarnya.

Meski begitu, jika melakukan kegiatan di ruangan tertutup maupun berada di transportasi publik, masyarakat tetap diwajibkan untuk memakai masker. Begitu juga untuk masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, Presiden Jokowi menyarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas.

“Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” lanjutnya.

Adanya kebijakan pelonggaran protokol kesehatan ini juga membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan izin untuk melakukan shalat berjamaah di masjid dan mushalla tanpa menggunakan masker bagi jamaah yang kondisinya sehat.

Dilansir Antara, Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam dalam keterangan tertulis mengungkapkan meski demikian, seluruh umat Muslim diimbau untuk tetap menyesuaikan diri menggunakan masker usai mengikuti shalat di ruang-ruang tertentu yang menjadi fasilitas publik guna mengurangi potensi penularan Covid-19. Protokol kesehatan juga harus dilakukan dengan disiplin.

“Jika ada indikasi kurang sehat, sebaiknya istirahat dan memeriksakan diri agar cepat memperoleh penanganan. Mencegah lebih bagus sebagai wujud ikhtiar untuk terus menekan potensi peredaran sekecil apapun. Karena kita lihat bahwa wabah belum sepenuhnya hilang, seperti kasus di Korea baru-baru ini,” ujarnya.

Bukan hanya kebijakan pemakaian masker, pemerintah juga telah melonggarkan kebijakan tes usap PCR atau antigen bagi pelaku perjalanan. Aturan tersebut berlaku bagi mereka yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap.

“Kedua, bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen,” ujar Presiden Jokowi. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Collaboration
Masker Berperan Penting dalam Penyebaran Covid-19, Studi Ini Beri Bukti

Current Issues
Studi: Tanpa Masker, Partikel Infeksius Pasien Covid Terbang Melebihi 1,8 Meter

Current Issues
Stop Sekarang! Ini Kebiasaan Buruk Pakai Masker yang Sering Tidak Disadari