Lifestyle

8 Cara Jitu Membuat Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Dwiwa

Posted on May 16th 2022

Ketika pulang dari salon dan melihat gaya rambut baru tidak sesuai dengan harapan, keinginan terbesar kita saat itu adalah agar rambut bisa tumbuh lebih cepat. Tetapi sayangnya, usaha kita untuk membuat rambuh lebih tebal dan panjang biasanya memerlukan waktu lebih lama.

Menurut American Academy of Dermatology Association, rambut tumbuh rata-rata sekitar enam inci setiap tahun. Tetapi terkadang itu terasa sangat lambat – terutama karena kebanyakan orang kehilangan 50-100 helai rambut setiap hari.

Lalu, bagaimana caranya agar rambut kita bisa tumbuh lebih cepat? Dilansir dari Good Housekeeping, berikut delapan cara menumbuhkan rambut lebih cepat secara alami.

1. Sering memangkas rambut

Mungkin terdengar berlawanan, tetapi jika ingin memiliki rambut panjang yang sehat, kalian perlu memotongnya secara teratur.

“Meskipun memotong rambut tidak membuat rambut tumbuh lebih cepat, ini bisa menyingkirkan ujung bercabang yang merusak rambut kita,” jelas Michael Dueñas, penata rambut selebriti yang berbasis di Los Angeles. “Menghilangkan kerusakan memberi kesan bahwa rambut kita tumbuh lebih cepat.”

Ujung rambut bercabang yang patah dapat menyebabkan rambut kehilangan panjang – belum lagi kilau, volume, dan kehalusan.

2. Makan makanan yang tepat

Memiliki rambut yang panjang dan kuat tidak hanya bergantung pada produk yang dipakai untuk rambut; tetapi juga tergantung pada apa yang dimakan. Menurut Francesca Fusco, M.D., seorang dokter kulit di NYC, untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, kalian perlu 'memberi makan' rambut dari dalam.

Makanan yang dimaksud adalah yang tinggi protein, bahan pembangun rambut, termasuk daging dan sumber lainnya. Fusco merekomendasikan untuk meningkatkan asupan protein dengan makanan seperti ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Dia menambahkan bahwa wanita yang tidak mendapatkan cukup protein sering mengalami lebih banyak kerontokan rambut. Selain makanan tinggi protein, vitamin A, C dan E, mineral seperti seng dan zat besi dan asam lemak omega-3 juga dapat berkontribusi pada rambut yang lebih sehat, saran dari Good Housekeeping Institute's Nutrition Lab.

3. Tambahkan vitamin yang menyehatkan untuk rambut

Jika diet tidak memberi cukup nutrisi, suplemen bisa membuat perbedaan besar. "Carilah multivitamin yang diformulasikan dan diberi label 'untuk rambut, kulit, dan kuku'," saran Dr. Fusco. "Mereka mengandung vitamin penting seperti biotin dan C dan B yang dapat mendukung kesehatan rambut."

Bonusnya, kalian mungkin mendapatkan kulit yang lebih baik dalam prosesnya.

4. Kurangi keramas

Seberapa sering kita keramas benar-benar mempengaruhi kesehatan rambut loh. Ken Paves, seorang penata rambut selebriti di L.A, mengatakan keramas hanya dua hingga tiga kali seminggu memungkinkan minyak alami menembus rambut, memungkinkannya untuk menghidrasi dan memperbaiki dirinya sendiri. Untuk rambut yang lebih tebal dan tampak lebih penuh dengan cepat, pilih sampo berlabel "volumizing" atau "penebalan".

Melapisi helai rambut dengan kondisioner atau masker rambut atau detangler rambut secara teratur juga dapat membantu mencegah kerusakan saat mengurai helai rambut, menurut pro GH Beauty Lab.

Oleskan masker rambut yang dibeli di toko atau buatan sendiri dari akar ke ujung seminggu sekali. Liana Zingarino, penata rambut lepas yang berbasis di New York City mencontohkan, masker yang dibuat dari kayu manis dapat merangsang sirkulasi darah untuk membuat rambut lebih kuat dan lebih panjang dalam waktu singkat.

5. Hindari bleaching

"Ketika kutikula rambut rusak karena bleach, kalian bisa memiliki lebih banyak kerusakan atau ujung bercabang," jelas Elizabeth Hiserodt, pewarna senior di Cutler Salon di New York City. "Semakin sedikit perawatan kimia, semakin baik pertumbuhan rambut kita."

6. Hindari penggunaan panas berlebihan

"Berhentilah menata rambut secara berlebihan," kata Paves. Jika harus menggunakan panas, ia merekomendasikan untuk mengurangi suhu dan selalu menggunakan pelindung panas - jika tidak, kalian berisiko merusak rambut, menyebabkan kerusakan dan keriting.

7. Sisir rambut secara teratur

Tidur dengan rambut yang tidak disisir mungkin tampak menggoda saat lelah, tetapi memberikan beberapa sapuan cepat pada rambut bisa sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan.

"Mulai dari kulit kepala, gunakan boar bristle brush (sisir mirip sikat dengan bulu yang halus dan padat) untuk mendistribusikan minyak kulit kepala secara merata ke rambut sehingga tetap lembab secara alami," rekomendasi Meri Kate O'Connor, stylist selebriti dan pewarna di Cooper di West Hollywood, CA. Jika dilakukan setiap malam, maka akan terjadi peningkatan sirkulasi, yang membantu membuat kulit kepala lebih sehat.

8. Usahakan mandi dengan air dingin

Mandi air panas dapat membuat kulit dehidrasi dan juga membuat rambut kasar. Paves menyarankan untuk menurunkan suhu air saat membersihkan keramas dan berikan sedikit cinta ekstra pada kulit kepala. Pijat dengan jari-jari ketika keramas untuk menghilangkan kotoran secara mendalam dan membantu meningkatkan sirkulasi. Selamat mencoba!

Foto: Pexels

Related Articles
Lifestyle
Tren Mencampur Sampo dengan Kopi, Apa Benar Bisa Mengurangi Rambut Rontok?

Lifestyle
Seberapa Sering Sih Harusnya Kita Keramas Biar Rambut Tetap Bagus?

Lifestyle
Suka Nge-Snooze Alarm Pas Bunyi? Ada Kabar Buruk Nih