Sport

Indonesia Gagal Pertahankan Piala Thomas

Tora Nodisa

Posted on May 15th 2022

Foto: BWF

Tim bulutangkis putra Indonesia gagal mempertahankan Piala Thomas. Pada partai final, Indonesia kalah telak dari tim India dengan skor 0-3. India mencetak sejarah dengan memenangkan Piala Thomas pertama kali setelah itu serta 13 kali. Piala Thomas sendiri sudah berlangsung sejak tahun 1948 hingga sekarang. 

Perjalanan tim Indonesia di Piala Thomas berakhir dengan kegagalan. Indonesia mendapatkan Piala Thomas ke-14 pada tahun 2020. Tapi di edisi 2022 ini, Indonesia kalah di partai final melawan India. Sebaliknya, India merayakan kegembiraan mereka setelah mendapatkan Piala Thomas pertamanya. 

Piala Thomas kali ini berlangsung di Bangkok, Thailand, tepatnya di Impact Arena mulai 8 hingga 15 Mei 2022. Ada 16 negara yang bertanding termasuk Indonesia. Setelah melalui babak penyisihan yang melelahkan akhirnya Indonesia dan India bertemu di partai puncak yang digelar Minggu sore, 15 Mei 2022. Indonesia sendiri menjadi unggulan karena berstatus juara bertahan. 

Karena pertandingan Piala Thomas ini beregu, maka masing-masing negara sudah menyiapkan wakilnya. Untuk pertandingan pertama, yaitu tunggal putra. Indonesia menurunkan Anthony Sinisuka Ginting, sedangkan India menurunkan Lakshya Sen. Awalnya Ginting unggul 1-0 setelah menang meyakinkan dengan skor 21-8. Tapi di set kedua, Ginting kalah 17-21. Begitu juga di set ketiga, Ginting menyerah 16-21. 

Beranjak ke pertandingan kedua. Ganda Indonesia Mohammad Ahsan berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo berhadapan dengan Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty. Kali ini Indonesia bernasib sama. Unggul 21-18 di set pertama, kemudian kalah 21-23 dan 19-21 di dua set berikutnya. Keunggulan 2-0 membuat India semakin di atas angin. 

Beban berat dipikul oleh Jonatan Christie. Sebab dia menjadi pemain yang turun di pertandingan ketiga untuk Indonesia. Dari India, Kidambi Srikanth menjadi wakilnya. Pertandingan ini sepertinya berlangsung timpang. Karena Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, Jumat lalu kalah dari Kenta Nishimoto. Catatan tersebut membuat Kidambi semakin percaya diri. 

Benar saja, Jojo dihajar dua set langsung. Di set pertama Jojo kalah 15-21, dan di set kedua kalah 21-23. Pertandingan hanya berlangsung selama 48 menit saja. Setelah kemenangan ini, Kidambi langsung disambut rekan-rekannya. India berhasil membawa pulang Piala Thomas pertama mereka setelah ikut serta dalam kejuaraan ini sebanyak 13 kali. 

Piala Thomas adalah kompetisi bulu tangkis internasional antara tim yang mewakili negara-negara anggota Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Kejuaraan tersebut awalnya diadakan setiap tiga tahun sejak tahun 1948-1949. Namun pada tahun 1982 diubah menjadi dua tahun sekali. 

Dari 30 edisi Piala Thomas yang diadakan sejak 1948–1949, hanya enam negara yang memenangkan gelar. Indonesia adalah tim tersukses, setelah menang 14 kali. Tiongkok yang baru mulai bertanding hingga 1982, membuntuti Indonesia dengan 10 gelar, sedangkan Malaysia 5 gelar. Denmark, India, dan Jepang masing-masing memiliki satu gelar. (*)

Related Articles
Sport
BWF Menahbiskan Liliyana Natsir Sebagai Pebulu Tangkis Putri Terbaik Dekade Ini

Sport
Mengapa Tak Ada Bendera Merah Putih Berkibar Saat Indonesia Juara Thomas Cup?

Sport
Ganda Putra Ahsan/Hendra Juara di All England!