Entertainment

Pakar: Dukungan Fans Johnny Depp di Internet ‘Tak Ada Artinya untuk Kasus ini'

Jingga Irawan

Posted on May 14th 2022

Seorang ahli hukum berpendapat banyaknya dukungan online untuk Johnny Depp di tengah kasus pencemaran nama baik terhadap mantan istrinya Amber Heard tak akan berpengaruh pada hasil persidangan.

Pada episode podcast PEOPLE Every Day, Rabu (11/5), litigator hiburan dan pakar pencemaran nama baik Daniel Gutenplan mengatakan, posting-an di media sosial selama persidangan telah sangat mendukung Depp, tetapi itu tak berarti apa-apa untuk kasus ini.

"Namun itu memberi kalian gambaran tentang bagaimana publik menyerap kasus ini," katanya.

Gutenplan menambahkan bahwa dia yakin reputasi dan karier Depp telah ternoda karena ini, tuduhan sepanjang awal perceraian, hingga insiden yang terungkap.

Johnny Depp menggugat Amber Heard atas pencemaran nama baik karena artikel 2018 yang dia tulis untuk The Washington Post tentang selamat dari kekerasan dalam rumah tangga, meskipun Heard tak pernah menyebut nama Depp dalam artikel tersebut. Depp mengajukan gugatan USD 50 juta pada Maret 2019.

"Siapa pun di dunia ini akan senang memiliki USD 50 juta, tetapi saya pikir kasusnya punya arti lebih besar dari itu. Saya pikir ini adalah kasus dan perang terhadap opini publik," kata Gutenplan, mencatat bagaimana Depp dipecat dari Pirates of the Caribbean.

Gutenplan menambahkan, "Sebanyak apa pun dia ingin mendapatkan uang di pot emas itu di akhir gugatan, saya pikir dia juga telah mengambil kasus ini sepanjang jalan karena dia mencoba untuk mendapatkan kembali citranya di pengadilan dan opini publik."

"Apa yang kalian lihat sehari-hari di persidangan dalam hal cucian kotor yang ditayangkan ... Saya pikir itu tak terlalu berpengaruh pada kasus pencemaran nama baik, tetapi itu tergantung pada opini publik tentang [Depp]," katanya.

Gutenplan sebelumnya mengatakan kepada PEOPLE bulan lalu bahwa dia yakin Depp memiliki perjuangan berat dalam hal persidangan yang berlangsung di Fairfax, Virginia.

“Pencemaran nama baik sangat sulit dibuktikan,” tambahnya. "Pertama dan terpenting, kebenaran adalah pembelaan mutlak untuk setiap pernyataan fitnah. Jadi terlepas dari pernyataan fitnah yang dituduhkan, jika seorang terdakwa dapat membuktikan bahwa itu benar, pembelaan akan menang."

Gutenplan menunjukkan bahwa artikel milik Amber Heard tak pernah menyebutkan nama pemeran Sweeney Todd dan tak merinci dugaan peristiwa tertentu atau perilaku tertentu.

Dia juga mengatakan bahwa memenangkan kasus pencemaran nama baik harus didasarkan pada fakta,  tak bisa didasarkan pada pendapat. Dan di situlah banyak penggugat pencemaran nama baik mendapat masalah.

Heard dan Depp menikah pada 2015. Mereka putus pada Mei 2016, ketika Heard meminta perintah penahanan kekerasan dalam rumah tangga terhadap mantan suaminya dan menuduhnya melecehkannya. Depp membantah klaim tersebut, dan mantan pasangan itu menyelesaikan perceraian mereka di luar pengadilan pada Agustus 2016.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Johnny Depp Menangkan Gugatan Terhadap Amber Heard Soal Pencemaran Nama Baik

Entertainment
Sebelum Dipecat Disney, Johnny Depp Ingin Menulis ‘Pirates of the Caribbean 6’

Entertainment
Produser Sebut Johnny Depp Tak Kembali untuk ‘Pirates of Carribbean', Tapi...