Tech

Apple Uji Coba Pengisi Daya USB-C untuk iPhone

Jingga Irawan

Posted on May 14th 2022

Apple kemungkinan akan mengubah port pengisian daya untuk iPhone. Menurut laporan Bloomberg, perusahaan sedang menguji iPhone dan adaptor baru dengan USB-C. Port tersebut sebenarnya sudah digunakan MacBook dan iPad, plus sejumlah besar perangkat di luar ekosistem Apple.

Laporan Bloomberg mencatat bahwa jika Apple sukses dengan pengujian tersebut, barangnya tak akan dirilis dalam waktu dekat, kemungkinan paling cepat terjadi pada 2023.

Perubahan ini juga dapat membuat hidup pengguna lebih mudah. Pasalnya, banyak pengguna yang sudah menggunakan USB-C untuk mengisi daya sebagian besar perangkat, tetapi masih harus membawa kabel lightning hanya untuk iPhone.

Sejak iPhone‌ 5, Apple telah mempertahankan port lightning di iPhone, meskipun sebagian besar perusahaan ponsel beralih ke USB-C. Menurut laporan yang sama, USB-C diharapkan bisa meningkatkan kecepatan transfer pada iPhone dan meningkatkan kecepatan pengisian daya.

Analis Apple Ming-Chi Kuo sebelumnya mengatakan Apple akan tetap menggunakan tipe lightning di iPhone untuk waktu yang lebih lama. Saat itu, ia beranggapan bahwa beralih ke USB-C akan berbahaya bagi bisnis MiFi Apple dan memiliki spesifikasi tahan air yang lebih rendah.

Sekarang, Apple dilaporkan telah mengubah tujuannya. Salah satu alasan yang mungkin untuk mengubah hati Apple adalah tekanan yang diberikan oleh Uni Eropa.

UE terus bergerak dengan meloloskan undang-undang baru yang akan memaksa Apple untuk mengadopsi USB-C di semua iPhone, iPad, dan AirPods yang dijual di Eropa. Undang-undang tersebut, jika disahkan, akan mengharuskan Apple untuk mengirimkan model yang dilengkapi USB-C yang dirancang khusus dari produknya ke Eropa.

Apple kabarnya beralih ke USB-C ketika model jajaran iPhone 15 dirilis. Sementara tahun ini, Apple kabarnya akan merilis perangkat iPhone 14 masih dengan port lama. (*)

Foto: Pixabay

Related Articles
Tech
Tak Sertakan Charger di iPhone 12, Pelajar Tiongkok Tuntut Apple

Tech
iPhone 12 Dipersiapkan untuk jadi Ponsel Gaming. Ini Spesifikasinya!

Tech
Apple Tambah 200+ Emoji di Update iOS 14.5, Ada Emoji Hati Terbakar dan Diperban