Sport

Alasan Nike Putus Kontrak Kyrie Irving

Tora Nodisa

Posted on May 14th 2022

Foto: Nike News

Kabar mengejutkan datang bagi kalian penggemar sepatu basket Nike edisi Kyrie Irving. Terbaru, Nike memilih untuk memutus kerjasama dengan bintang Brooklyn Nets tersebut. Dengan demikian, maka Irving kemungkinan besar tidak akan memakai Nike lagi untuk musim 2022-23. Sebaliknya, Nike tidak akan memproduksi lagi sepatu Nike Kyrie, yang selama ini menjadi signature shoes sejak tahun 2014. 

Nike dan Kyrie Irving menjalin kerjasama sejak tahun 2014. Kalau melihat dari klausul kontraknya, maka setiap tahun Nike membayar sekitas AS$11 juta atau setara dengan 161,3 miliar rupiah kepada Irving. Bahkan kalau melihat data terbaru yang dikeluarkan Sportico untuk pendapatan atlet profesional Amerika Serikat, maka Irving bisa menghasilkan sekitar 190 miliar rupiah di luar lapangan basket tahun ini. Tentunya yang paling besar adalah dari Nike. 

Namun akhir-akhir ini hubungan keduanya retak. Padahal Nike merencanakan akan membuat sepatu signature Kyrie Irving seperti edisi Kobe Bryant, yaitu mengeluarkan seri retro. Ternyata rencana tersebut hanya jadi impian semata. Menurut Adrian Wojnarowski dan Ramona Shelburne dari ESPN, diskusi Nike dengan pihak Kyrie Irving menemui jalan buntu. Kemungkinan besar, Nike akan berbalik arah. 

Dikutip dari ESPN, pihak Nike tidak membantah kabar keretakan tersebut. Malah mereka mengatakan kalau Kyrie Irving tetap atlet Nike. Hanya saja, soal kontrak dan lain-lain, Nike masih bungkam. "Kami tidak mengomentari kontrak, rumor, dan spekulasi. Kyrie Irving masih bersama kami (Nike)," kata juru bicara perusahaan. 

Kalau diruntut ulang, maka kabar ini memang jadi puncak rumor-rumor yang beredar sejak tahun lalu. Pada bulan Juli 2021, Nike secara terang-terangan mengunggah cuitan di akun Twitter pribadinya yang tidak suka dengan Nike Kyrie 8. Irving berpendapat bahwa sepatu itu tidak melalui persetujuan dirinya. Nike sebagai perusahaan sudah membuat desain sendiri. 

"Saya tidak ada hubungannya dengan desain atau pemasaran #Kyrie8 yang akan datang, ini sampah!" tulis Irving 

Selain sudah membuat pernyataan yang menyakitkan seperti itu, Kyrie juga membuat perilaku yang dianggap mencoreng nama perusahaan. Kyrie menolak program vaksinasi Covid-19 yang sudah digaungkan oleh NBA. Dirinya memilih untuk tidak membela Brooklyn Nets, ketimbang menerima vaksin, yang juga menjadi aturan kota New York. Tindakan Irving tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada penjualan sepatu signature miliknya. Selain itu, kerugian bagi Irving sendiri yaitu kehilangan gaji senilai AS$14,5 juta atau senilai 212,6 miliar rupiah untuk musim ini. 

Alasan Nike untuk menarik diri dari kontrak Irving mungkin sudah tepat. Tapi pemain Brooklyn Nets tersebut masih memiliki signature shoes yang belum dikeluarkan untuk akhir tahun ini. Kemungkinan besar, Nike akan mempercepat rilisnya. (*)

Related Articles
Sport
Netizen Berharap Kyrie Irving dan Russell Westbrook Bertukar Tempat

Sport
Momen Ramadhan Istimewa untuk Kyrie Irving

Sport
Kyrie Irving Disoroti Lantaran Jadi Pelopor Penolakan Melanjutkan NBA